Bogor, 21-11-2017       English Version


Puslitbang Peternakan. Round Table Meeting (RTM) diselenggarakan oleh BBlitvet tanggal 5 September 2017 di Badan Peneltian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dengan tema “Kajian teknis dan Kebijakan Persyaratan Kesehatan Hewan Penyelenggaraan Equestrian pada ASIAN GAMES ke-18 tahun 2018 di Jakarta”. Acara dibuka oleh Kepala BBlitvet Dr. NLP Indi Dharmayanti yang mewakili Kepala Balitbangtan, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan diselenggarakan dalam rangka mendukung ASIAN GAMES 2018 sesuai Instruksi Presiden No 2 Tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018. Ada 2 hal yang terkait tugas Kementerian Pertanian (Kementan) yaitu: a) memfasilitasi rekomendasi pemasukan atau pengeluaran hewan dan/atau produk hewan yang diperlukan dalam penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018; dan b) melakukan pengawasan terhadap hewan dan/atau produk hewan yang diperlukan selama penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 adalah ketangkasan berkuda. Kuda yang digunakan harus memenuhi persyaratan kesehatan hewan dan lalu lintas kuda. Untuk  melindungi kuda-kuda dari penyakit melalui pendekatan konsep Equne Disease Free Zone (EDFZ), dengan standard OIE.

RTM diikuti oleh sekitar 60 orang, hal ini merupakan momentum kerja sama dalam mendukung penanganan penyakit kuda. Ada 4 materi yang disampaikan yaitu: 1) Kebijakan Pembentukan EDFZ dalam rangka penyelenggaraan Equestrian Competition Asian Games ke-18 tahun 2018 (Ditjen PKH); 2) Kesiapan Pemerintah Provinsi DKI dalam oenyelenggaraan Equestrian Competition Asian Games ke-18 tahun 2018 (Dinas KPKP DKI Jakarta ; 3) Tantangan dan Peluang sebagai penyelenggaraan Equestrian Competition Asian Games ke-18 tahun 2018 (PORDASI); dan 4) Dukungan Penelitian dan Pengembangan Penyakit Kuda dalam rangka penyelenggaraan Equestrian Competition Asian Games ke-18 tahun 2018 (BBLitvet). Pembahas pada acara ini adalah 1) Kepala Pusat KArantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani; 2) Direktur PT. Pulomas; 3) National Head FEI Veterinarian dan Tim Analisis Kenijakan Veteriner BBLitvet. (REP)

 

 

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID