Bogor, 19-09-2017       English Version


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. M. Syakir membuka Seminar Nasional dan Ekspose Teknologi Peternakan dan Veteriner tanggal 8-9 Agustus 2017 di Balai Penelitian Ternak Bogor. Seminar dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Kabalitbangtan, Kapuslitbangnak dan KaBalitnak.
Dalam sambutanya Dr. M. Syakir menyampaikan saat ini telah terjadi peningkatan protein hewani di masyarakat. Konsumsi daging terbanyak berasal dari daging ayam dan perlu diperkuat dengan peningkatan konsumsi protein asal ternak ruminansia. Selain itu disampaikan juga diseminasi harus lebih ditingkatkan. Diharapkan seminar ini dapat menghasilkan ide cemerlang dalam mendukung swasembada dan kedaulatan pangan khususnya asal ternak.

Pada saat yang sama KaBalitbangtan juga menyerahkan bibit Ayam KUB dan Domba Kompas Agrinak kepada Petani Muda  (Iwa Kusuma Wijaya, Christian Ronaldo Sitepu, Bambang Lukisno, Basten Tinus Sembiring, Udin Safeudin.)

Kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan MoU antara Balai Penelitian Ternak dengan PT Sumber Unggas dan Koperasi. MoU dengan Sumber Unggas bergerak di bidang pengembangan ayam Sensi.  Sedangkan MoU dengan koperasi bergerak di bidang perbanyakan produk hormon dan feed aditif.

Seminar tahun ini mengangkat tema “Teknologi Peternakan dan Veteriner Mendukung Diversifikasi Sumber Protein Asal Ternak”. Seminar menampilkan 5  pemakalah undangan dalam dan luar negeri, dan 94 makalah penunjang yang dipresentasikan secara oral sebanyak 64 (enam puluh empat) makalah dan poster sebanyak 30 (tiga puluh) makalah. Sedangkan pemakalah undangan dari dalam negeri disampaikan oleh Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan dengan topik “Difersifikasi pangan asal ternak mendukung keamanan pangan nasional”. Ir. Arief Arianto , MSc.Agr., Kepala Pusat Teknologi Produksi Pertanian, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dengan topik “Penerapan IPTEK Peternakan mendukung Kemandirian Pangan Hewani. Ir.Yudi Guntara Noor, Ketua Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dengan topik “Menggerakan Produksi Ternak Kambing Domba Berorientasi Ekspor.”

Makalah penunjang berasal dari berbagai Instasi terkait, seperti Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Perguruan Tinggi, Lingkup Kementrian Pertanian termasuk Puslitbang/Balai besar, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT), serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi.

Seminar ini diharapkan dapat menambah informasi dan mempercepat alih teknologi hasil penelitian-penelitian unggulan untuk pengembangan usaha peternakan yang berdaya saing. Selain itu, juga dapat berperan sebagai sarana dalam membangun kerjasama antar institute terkait dengan pihak swasta maupun praktisi peternakan, selain masukan, gagasan dan pengetahuan bagi para pengambil kebijakan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak. (REP)

//
ddsadsadadasdas //

Galeri Foto Kegiatan