Bogor, 19-09-2017       English Version


Kegiatan dilaksanakan tanggal 11 – 15 Juli 2017. Tim yang terdiri dari Prof. Dr. drh. Sjamsul Bahri dan Bayu Arta Ramadhan S.Pt (Puslitbangnak); Dr. Simon Elieser dan M. Syawal Hasibuan, S.Pt, M.Si (Peneliti Loka Penelitian Kambing Potong). Tim ini didampingi oleh Dr. Ir. Tatang Mochtar Ibrahim (Peneliti BPTP Sumatera Utara) dan drh. Ashadi Mazlan (Distanpangan Kabupaten Langkat) serta Rustam, Abdul Khoir, drh. Ashadi Mazlan, Junaidi, Rasmadi Pinem (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Langkat).

Pendampingan Demfarm diawali dengan pengenalan inovasi teknologi pendukung Upsus Siwab kepada Kelompok Tani Ternak (KTT) Tani Jaya, Desa Pasiran, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat yang diketuai oleh Megel Purba. Adapun dukungan teknologi peternakan yang diperkenalkan yaitu berupa bioplus pedet, minoxvit, Nano hormon, dan tanaman Indigofera Sp.

Pada sapi induk betina yang belum bunting dilakukan sinkronisasi estrus dengan penyuntikan nano hormon. Setelah disinkronisasi dilakukan pemeriksaan berahi pada hari berikutnya. Ternak yang diketahui berahi segera dilakukan IB.
Pemberian Bioplus pada pedet yang sudah lepas sapih antara umur 3-4 bulan. Untuk memperbaiki bobot badan dan memperbaiki BCS induk diberikan Minoxvit. Selain itu untuk penanaman Indigofera sp pada lahan Kelompok Tani Ternak Tani Jaya diberikan sebanyak 100 poli bag. (REP/BAR)

ddsadsadadasdas

Galeri Foto Kegiatan