Bogor, 27-06-2017


Tiga pejantan kambing Boerka hadir dalam Upacara Pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XV Tahun 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu 6 Mei 2017. Kehadiran tiga kambing ini menjadi daya tarik peserta Penas untuk melihat lebih dekat kambing hasil silangan antara Boer dan Kacang sebagai kambing unggul penghasil daging. Selain melihat langsung dan membaca deskripsi singkat keunggulan, banyak peserta Penas yang berdiskusi langsung dengan infoguide bahkan dengan Kepala Loka Penelitian Kambing Potong (Lolitkambing), Dr. Simon Elieser, MSc. dimana kambing ini dihasilkan, serta tidak sedikit pula peserta yang mengambil foto selfie dengan kambing tersebut.

Kunjungan Komisi VI DPR RI ke kandang kambing Boerka sesaat sebelum upacara dimulai, meminta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) untuk meningkatkan populasi kambing Boerka tersebut untuk mencukupi kebutuhan daging nasional. Hal ini menjadikan tantangan baru bagi Balitbangtan dan tentu saja melalui Lolitkambing, siap meningkatkan populasi kambing Boerka hingga 10.000 ekor dan akan tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain di tempat upacara pembukaan, di Geltek Peternakan pun tidak sedikit didatangi pengunjung yang ingin mengetahui kambing Boerka, bahkan hingga larut malam rasa penasaran pengunjung tidak berkurang sedikit pun.

Galeri Foto Kegiatan