Bogor, 19-09-2017       English Version


Kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama Puslitbang Peternakan dengan program SMARTD di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa tanggal 1 - 5 Mei 2017. Pembukaan pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2017 oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) yang dihadiri oleh Dr. Arthur L Goetsch sebagai narasumber dari E (Kika) de la Garza American Institute for Goat Research, Langston University dan peserta pelatihan yang terdiri dari peneliti (Balitnak, Loka Penelitian Sapi Potong, Loka Penelitian Kambing Potong), BPTP (Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Yogyakarta, Jateng, Jabar, NTT, NTB) dan tamu undangan yaitu, Ketua Prodi Peternakan Fakultas Pertanian USU, Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Panca Bhakti.

Dalam sambutan dan pembukaan kegiatan pelatihan Kepala Puslitbangnak mengharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan kompetensi peneliti di Balai Penelitian, Loka Penelitian dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian dalam penyusunan formula pakan berbasis bahan pakal lokal berdasarkan status fisiologis ternak kambing dengan software komputer. Ternak kambing dipilih sebagai komoditas dalam pelatihan ini, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih dalam mensubstitusi kebutuhan daging secara nasional. Kegiatan pelatihan yang berlokasi di kota Medan ini karena bertepatan dengan lokasi Loka Penelitian Kambing Potong sudah menghasilkan salah satu kambing unggul yaitu kambing Boerka.

Dalam kegiatan pelatihan ini mengundang Dr. Arthur L Goetsch sebagai narasumber yang diharapkan dapat berbagi ilmu pengetahuan dan pengalamannya yang cukup lama sebagai dosen dan dalam training untuk peternak serta diharapkan pula dapat merencanakan kolaborasi penelitian internasional dengan Puslitbang Peternakan.

Materi pelatihan yang diberikan adalah sebagai berikut: 1) Nutrisi kambing, kebutuhan nutrisi kambing, 2) Kebutuhan pakan dan batasan penggunaan bahan pakan dalam formulasi pakan. Penjelasan penggunaan software formulasi pakan dari Institute for Goat Research, Langston University, 3) Praktek pengunaan software dan membuat formulasi pakan berdasarkan status fisiologis (anak baru sapih, pertumbuhan anak, betina bunting, dll).

Pada malam harinya diisi dengan kegiatan pelatihan online journal sytem yang dimulai dengan membuat profil peneliti di Google Scholar. Kemudian dilanjutkan pendaftaran ke online journal, penulisan KTI menggunakan program Mendeley serta editing Bahasa Inggris menggunakan program Grammarly. Instruktur untuk kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ismeth Inounu. (REP/SS)

ddsadsadadasdas

Galeri Foto Kegiatan