Bogor, 24-10-2017       English Version


Bandung - Penyediaan dan pengelolaan informasi publik merupakan kegiatan penting yang menekankan pada pendalaman materi tentang penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) atau Daftar informasi Dikecualikan (DIK). Untuk itu, telah dilaksanakan workshop penyediaan dan pengelolaan informasi publik di Bandung 27-29 April 2017 dengan tema Menuju Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Profesional. Workshop dibuka oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Ir. Pending Dadih P., M.Ec.Dev., yang dalam sambutannya menyampaikan tujuan workshop untuk menjalin komunikasi antar PPID sehingga forum ini lebih mendekatkan hubungan setiap informasi yang disiapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Workshop menampilkan 5 narasumber diantaranya: Dr. Agung Hendriadi, M.Eng (Kepala Biro Humas dan Informasi Publik) dengan judul paparan "Strategi Komunikasi dan Pengelolaan Informasi, Publik Kementerian Pertanian. Disampaikan bahwa dalam sidang paripurna bulan Februari 2017 Presiden RI Ir. H. Joko Widodo memberikan beberapa arahan terkait komunikasi publik kementerian/lembaga seperti: kecepatan respon, ketepatan respon, konsolidasi, hindari polemik, dan berorientasi outcome/dampak.

Kemudian dilanjutkan oleh Dra. Dwiretnani Hesti M (Biro Humas dan Informasi Publik) dengan judul paparan "Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Berbasis Online. Portal PPID terdiri dari: Sistem Informasi Layanan Permohonan Informasi Publik (SILAYAN), Sistem Informasi Pengajuan Keberatan Permohonan Informasi Publik (SIBERAT), Sistem Informasi Rekapitulasi Informasi Publik (SIREKAP), dan Sistem Informasi Database Dokumen Informasi Publik (SIDADO).

Topik Daftar Informasi dikecualikan dan uji konsekuensi disampaikan oleh Dra Henny S. Widyaningsih M.Si, dan topik Daftar Informasi Publik disampaikan oleh Tya Tirta Sari (Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat). Narasumber terakhir Aryo Wicaksono S.Kom., MM (Pusdatin) menyampaikan paparan dengan judul "Penguatan Layanan Informasi Publik di Website lingkup Kementerian Pertanian".

Workshop diikuti oleh 68 orang yang terdiri dari pejabat yang menangani PPID lingkup Kementan, Pranata Humas lingkup Kementan dan peserta dari Dinas Pertanian Jawa Barat.

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID