Bogor, 24-10-2017       English Version


Jakarta - Program pemerintah untuk meningkatkan populasi ternak sapi diperlukan dukungan dari berbagai bidang seperti ketersediaan lahan dan pakan. Hal ini antara lain dapat melalui pemanfaatan potensi perkebunan kelapa sawit. Limbah dan bagian kelapa sawit seperti tandan kosong, bungkil dan daunnya bisa dimanfaatkan untuk pakan. Kegiatan integrasi sawit – sapi sudah dilaksanakan oleh pemerintah, swasta dan lembaga lainnya. Namun belum terimplementasi dengan baik dan luas karena berbagai masalah dan kendala.  Untuk itu diperlukan sinergitas dan komitmen dari berbagai pemangku kebijakan (pemerintah, swasta, industri peternakan dan perkebunan sawit).

Pada 27 April 2017 bertempat di BPPT, Puslitbang Peternakan bekerjasama dengan Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT menyelenggarakan Dialog Interaktif “Perspektif Integrasi Sawit – Sapi dalam Mendukung Peningkatan Populasi Sapi di Indonesia”, Acara dibuka oleh Deputi Kepala BPPT Bidang TAB, dalam sambutannya disampaikan bahwa untuk meningkatkan populasi sapi, lahan dan pakan harus siap. Pertemuan ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yaitu pada Pertemuan Pemangku Kepentingan dalam mengakselerasi sawit - sapi yang dilaksanakan tanggal 17 Maret 2017.

Pertemuan Dialog Interaktif ini bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dalam akselerasi integrasi sawit – sapi di Indonesia, sehingga mampu mengisi kekurangan – kekurangan informasi yang sudah didapatkan. Peserta yang hadir sekitar 50 orang dari instansi pemerintah, akademisi, swasta, BUMN, asosiasi, maupun pemangku kepentingan industri peternakan sapi dan perkebunan kelapa sawit. Sedangkan narasumber yang hadir diantaranya dari Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa - Kemendes PDTT, PT. Sulung Ranch, GAPUSPINDO dan Asosiasi Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia.

Pada pertemuan ini sekaligus dilakukan pengukuhan FORUM KOMUNIKASI PELAKU INTEGRASI SAWIT SAPI, yang bertujuan untuk mewadahi informasi serta memperlancar komunikasi pelaku kegiatan program integrasi sawit - sapi. (HH)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID