Bogor, 24-10-2017       English Version


Bertempat di ruang rapat Puslitbangnak 19 April 2017, telah dilaksanakan Sosialisasi Analisis Hasil Medical Check Up Puslitbangnak tahun 2017 yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2017. Medical check up adalah salah satu bentuk kesejahteraan pegawai berupa pemeriksaan kesehatan di laboratorium Prodia. Ini adalah tahun kedua kerjasama Puslitbangnak dengan laboratorium Prodia. Acara dibuka oleh Kapuslitbangnak Dr. Atien Priyanti, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada laboratorium Prodia. Seperti diketahui Prodia adalah laboratorium rujukan yang sudah tingkat internasional.  Selain medical check up yang dilakukan sekali dalam setahun Puslitbangnak juga ada klinik kesehatan yang melayani pegawai setiap hari Senin dan Kamis.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah dr. Rina Irawati yang dalam paparannya menyampaikan tujuan general Medical check up adalah: 1) tindakan preventif dan promotive sehingga hidup sehat dan produktif serta mencegah terjadinya penyakit; 2) untuk mengetahui penyakit sedini mungkin; 3) untuk mengatasi penyakit secepat mungkin, dan 4) untuk mencegah agar penyakit yang ada tidak berlanjut. Selain itu disampaikan juga pemeriksaan laboratorium mencakup: kepastian kondisi sehat (skrining), diagnosis, pemantauan penyakit (prognosis), dan pemantauan terapi (monitoring).

Diabetes mellitus sebagai salah satu penyakit yang tidak dapat diobati akan tetapi dapat dikendalikan atau dikelola untuk mengurangi resiko komplikasi di kemudian hari. Pengendalian bisa dilakukan dengan pola makan sehat, meningkatkan aktivitas fisik, menggunakan obat sesuai anjuran dokter, melakukan pemantauan glukosa, perawatan kaki secara berkala serta mengenali dan terampil mengatasi masalah yang berkaitan dengan diabetes mellitus. Kegiatan ini dimanfaatkan karyawan dan karyawati untuk berkonsultasi dengan dokter terkait kesehatannya.

Diakhir acara 2 karyawan Puslitbangnak yang hasil pemeriksaan kesehatannya terbaik mendapat cenderamata. Semoga di tahun yang akan datang lebih banyak lagi pegawai yang kesehatannya meningkat. (REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID