Bogor, 29-06-2017


Bogor, 11 April 2017. Dalam rangka Dies Natalis Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor ke XVI tahun 2017, telah dilaksanakan berbagai kegiatan antara lain: pameran, bazaar, pembagian bibit tanaman cabai, peletakan batu pertama pembangunan masjid, seminar nasional, dan lain-lain. Dies natalis tahun 2017 mengusung tema “Memacu regenerasi petani dan tumbuhnya wira usahawan muda pertanian yang profesional”. Acara yang berlangsung dari 10-13 April 2017 ini dibuka oleh Dirjen PSP Ir. Pending Dadih Permana M.Ec.Dev yang dalam sambutannya menyampaikan "lebih dari 50% petani berumur diatas 50 tahun, hal ini tidak boleh dibiarkan, kalau dibiarkan ini akan jadi ancaman besar bagi negara agraris, akan kehilangan generasi penerus. Regenerasi harus dilakukan by design artinya dengan desain yang tepat. Salah satu sendi penguat ketahanan nasional adalah ketahanan pangan. Kedaulatan pangan adalah harga mati Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)". Diakhir sambutan beliau menyampaikan semoga STPP Bogor lebih maju dan bisa berkiprah dalam era globalisasi ini.

Puslitbangnak sebagai salah satu UK Balitbangtan bergabung dengan UK lainnya ikut berpartisipasi dalam pameran di STPP. UK yang ikut berpartisipasi adalah Puslitbangtan, Puslitbanghorti, BB Padi, BB Mektan, BBalitvet, BPATP dengan materi pameran berupa: buku, leaflet, banner, jurnal, dan produk peternakan. Ada 11 judul buku yang dipamerkan yaitu: Daya Dukung Produk Samping Tanaman Pangan Sebagai Pakan Ternak Ruminansia di Daerah Sentra Ternak Berbasis Faktor Konversi, Sumberdaya Genetik Ayam Lokal Indonesia dan Prospek Pengembangannya, Domba Compass Agrinak, Panduan Karakterisasi Ternak Kambing Domba, Nutrisi dan Pakan Kambing dalam Sistem Integrasi Dengan Tanaman, Potensi dan Pemanfaatan Bahan Pakan Inkonvensional sebagai Pakan Ternak, Dukungan Kebijakan dalam Mengakselerasi Pengembangan Integrasi Sawit-Sapi dan Parameter Terukur Pengawalan dan Pendampingan Teknologi Integrasi Tanaman Ternak. Leaflet yang dipamerkan adalah Ayam KUB, Ayam Sensi-1 Agrinak, Domba Compass Agrinak, Kelinci, Sistem Integrasi Sapi-Sawit (Sisasa) dan Indigofera Sp. Banner yang ditampilkan dalam pameran ini adalah Ayam KUB, Ayam Sensi-1 Agrinak dan Compass Agrinak, serta produk (ayam KUB dan ayam Sensi). Selain itu juga menyediakan telur rebus ayam KUB yang dibagikan secara gratis untuk icip-icip.

Pembagian tanaman cabai sebanyak 20.000 kepada Ketua PKK Bogor, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Kelompok Pos Daya, Kelompok Tani Kepala Lapas Cibinong, Toko Tani Indonesia, Universitas Pakuan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bogor, Ketua Persit Kartika Chandra Kota Bogor, dan lain-lain. (REP)
 

Galeri Foto Kegiatan