Bogor, 27-06-2017


Seminar rutin bulanan Puslitbangnak edisi bulan Maret dilaksanakan di Bogor pada 24 Maret  2017. Seminar dibuka oleh Kabid KSPHP Dr. Endang Romjali yang dalam arahannya menyampaikan seminar ini bertujuan memacu peneliti agar dapat menyampaikan hasil penelitiannya dan mendengar timbal balik dan masukan dari peserta.

Seminar kali ini menampilkan 2 narasumber, Noor Hudia Krishna SPt. MSi, peneliti dari Loka Penelitian Sapi Potong dengan topik "Pengaruh Pakan Berbasis Sawit terhadap Kualitas Karkas Sapi Bali" dan Prof. Dr. Arnold P. Sinurat, Penelti dari Balai Penelitian Ternak dengan topik "Perkembangan Pelarangan Penggunaan AGP secara Global dan Peluang Pemantauan Produk Lokal sebagai Penggantinya".

Noor Hudia Krishna SPt. MSi narasumber pertama menyampaikan bahwa: 1) Pemberian pakan dengan kualitas marginal (pakan hasil samping pertanian-kadar serat tinggi) membutuhkan waktu lebih lama bagi ruminansia untuk beradaptasi. Konsumsi akan naik seiring lamanya pemberian pakan, 2) Perbedaan kualitas pakan (nutrien makro), pada pemeliharaan yang singkat tidak cukup mempengaruhi kuantitas karkas.

Kemudian dilanjutkan oleh narasumber kedua Arnold P. Sinurat meyampaikan bahwa: 1) Imbuhan pakan bermanfaat untuk meningkatkan produktifitas, efisiensi pakan (dan menekan biaya produksi), 2) Berbagai jenis imbuhan yang digunakan dengan mekanis mekerja yang berbeda-beda, 3) Secara global (Indonesia juga) ada kecenderungan mengurangi, bahkan melarang penggunaan AGP, 4) Imbuhan yang baik: Sesuai keinginan konsumen (efektif, efisien, aman buat ternak, konsumen dan lingkungan) dan 5) Bahan lokal seperti bioaktif tanaman dan enzim (produksi lokal) mempunyai peluang untuk menggantikan AGP di Indonesia.

Kegiatan ini diikuti peserta yang berasal dari DItjen PKH, Perguruan Tinggi, Struktural dan Peneliti Lingkup Balitbangtan sebanyak 50 orang. (REP)

Galeri Foto Kegiatan