Bogor, 22-08-2017


Upaya menyediakan hijauan pakan ternak berkualitas dan berkesinambungan merupakan salah satu masalah spesifik di indonesia. Membudidayakan hijauan yang berkadar protein tinggi, mudah dibudidayakan, dan berdaya adaptasi tinggi merupakan salah satu jalan keluar agar tercukupinya hijauan pakan ternak berkualitas.

Loka Penelitian Kambing Potong merupakan salah satu UPT dibawah naungan Kementerian Pertanian yang telah membudidayakan Legum Indigofera sebagai sumber hijauan ternak. Sistem perbanyakan tanaman Indigofera adalah dengan cara generatif yaitu dengan biji. Biji yang digunakan adalah biji dari tanaman yang sudah tua berumur sekitar 12 bulan dan belumpernah dipanen sama sekali. Buah yang diambil dijemur hingga kering, selanjutnya ditumbuk untuk memisahkan biji dari polongnya. Untuk menghindari kelembaban, biji yang telah dikeringkan tadi dikering anginkan selama 24 jam. Selanjutnya dapat disimpan dalam kemasan yang rapat.

Sebelum penyemaian biji harus direndam selama 24 jam untuk memisahkan biji yang baik dan yang tidak. Biji yang baik akan mengendap dan yang tidak baik akan mengapung, selanjutnya biji yang mengapung dibuang dan biji yang mengendap ditiriskan selama 10 menit. Sebelum melakukan penyemaian, gemburkan tanah tempat penyemaian dan siram dengan air, lalu siapkan media tanah yang telah digemburkan untuk ditaburkan biji secara merata pada permukaan tanah, selanjutnya tutup kembali dengan tanah gembur setebal ± 2-5 cm. Lakukan penyiraman satukali sehari.

Setelah 15-20 hari, biji mulai tumbuh di permukaan tanah dengan ketinggian ± 15-20 cm, selanjutnya pindahkan ke polybag dengan ukuran 10 × 15 cm. Utnuk memudahkan pemindahan lubangi tanah dengan kayu, kemudian masukkan bibit dan tutup kembali dengan tanah. Setelah ketinggian mencapai ± 25 – 30 cm atau payung daun sudah mencapai 4 tingkat (akar belum menembus polybag) tanaman sudah bisa dipindahkan ke areal tanam yang telah dipersiapkan.

Pemindahan ke areal tanam dapt dilakukan dengan melubangi area tanam dan memasukkan bibit Indigofera beserta tanah dengan merobek terlebih dahulu polybag dan atur jarak tanam 1 × 1 m. Satu bulan setelah tanam selanjutnya dilakukan pemupukan susulan pada umur 3 bulan setelah tanam. Tanaman indigofera dapat dipanen saat berumur 6 – 8 bulan dengan tinggi pemotongan 1 meter dari permukaan tanah dan dapat dipanen kembali dengan interval waktu 2 bulan.

 

Sumber: Lolit Kambing Potong

 

Galeri Foto Kegiatan