Bogor, 21-11-2017       English Version


Loka Penelitian Kambing Potong (Lolit Kambing) dikunjungi oleh orang nomor satu di Kabupaten Deli Serdang yaitu Bapak  H. Ashari Tambunan (Jumat, 03 /03/2017),  beliau  ditemani oleh  Setda Deli Serdang, Kepala Dinas Pemkab Deli Serdang diantaranya, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Perindustrian dan Perdagangan, serta bapak Camat kecamatan Galang dan beberapa staff rombongan dari Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang.
Kedatangan Bupati Deli Serdang tersebut disambut langsung Oleh Kepala Lolit Kambing Dr. Ir. Simon Elieser,M.Si beserta beberapa staff karyawan Lolit Kambing. Dalam kunjungannya Bupati Deli Serdang meninjau area kandang percobaan, lapangan percobaan dan pabrik pakan mini.

Pada pabrik pakan mini, Kepala Lolit kambing menerangkan bahan - bahan dan cara pembuatan pakan komplit berbasis limbah perkebunan, diantaranya lumpur sawit yang merupakan limbah dari industri kelapa sawit. Bupati Deli Serdang melihat langsung cara pembuatan pakan komplit. Lolit Kambing yang memiliki 1.500 Ekor ternak, telah menerapkan pakan komplit pada ternak cukup lama. Beberapa tahun belakangan sudah ada beberapa pihak yang bekerjasama dengan Lolit Kambing dalam hal pengembangan Pakan Komplit Berbasis Limbah Perkebunan.

Setelah melihat areal kandang, lapangan dan Pabrik pakan, Bupati beserta rombongan beranjak menuju ruang Serba Guna Lolit Kambing. Di ruang serba guna, terjadi diskusi kecil yang muncul dari Bapak Camat tentang pertanyaan bibit Kambing Boerka yang diperoleh Lolit Kambing. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Kepala Lolit Kambing dengan menerangkan bahwa bibit kambing tersebut merupakan hasil persilangan antara Kambing Boer dan Kambing Kacang, dimana kambing Boer berasal dari Afrika, sedangkan kambing Kacang merupakan kambing asli Indonesia. Berat kambing Boer sendiri dapat mencapai 120 kg untuk great a, sedangkan untuk great b dan seterusnya mencapai 80 Kg kebawah. Di Lolit Kambing Sudah ada tiga generasi yang dikembangkan dan disebar kemasyarakat luas.

Diakhir kunjungannya, Bapak Bupati berterima kasih atas sambutan dan informasi yang telah diberikan, sebagai orang nomor satu di kabupaten Deli Serdang Beliau akan melanjutkan Konsep Pertanian Maju Andalkan Industri (Permai) dan bercita-cita menjadikan Deli Serdang sebagai daerah Industri Pertanian.

 

Sumber: Lolit Kambing Potong

 

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID