EnglishIndonesian

Workshop Teknis Pengisian Survei Data Litbang Pemerintah Tahun 2016

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 14 September 2016.

Kementerian Ristek Dikti telah melaksanakan Workshop Teknis Pengisian Survei Data Litbang Pemerintah Tahun 2016 di Hotel Grand Tjokro, Cipaganti, Bandung selama dua hari (5-6 September 2016).

Workshop dihadiri oleh 45  lembaga penelitian dan pengembangan (litbang), peserta dari Pusat Penelitian  dan Pengembangan Peternakan Priyono, S.Pt, M.Si (Staf Sub Bidang Program/Peneliti).

Narasumber pada acara ini yaitu Kepala Pusdatin Iptek Ristek Dikti  Dr. Andika Fajar yang menyampaikan “Teknis Pelaksanaan Survei Lemlitbang Pemerintah” dan Ir. Dudi Hidayat, M.Sc  Peneliti Pappiptek LIPI yang menyampaikan “Konsep dan Definisi Data Iptek Lembaga Litbang”.

Tujuan workshop ini dalam rangka  upaya pengumpulan data aktivitas litbang di lembaga litbang pemerintah yang meliputi alokasi belanja litbang, sumber daya manusia Iptek lembaga litbang, serta hasil-hasil penelitian.

Adapun pelaku litbang ada di lima sektor, yaitu pemerintah, industri, perguruan tinggi, lembaga penelitian swasta non-profit, dan pelaku litbang asing yang melakukan litbang di Indonesia.

Pada kurun waktu ini, akan dilakukan survei pada tiga sektor, yaitu Lemlitbang Pemerintah, Perguruan Tinggi, dan Industri. Hal ini sebagai upaya untuk membuat databse IPTEK Indonesia yang efektif dan terintegrasi maka dilakukan secara online melalui e-survei (Sistem Survei Online).

Sistem Survei Online dalam jangka panjang dirancang untuk survei lembaga litbang pemerintah dan industri, sedangkan untuk pendidikan tinggi mengambil dari data Sistem Infomasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Simlitabmas).

Sistem Survei Online ini,  dapat digunakan sebagai salah satu layanan yang nantinya mengambil data pokok dari Sistem Informasi Iptek Nasional (SIIN).  SIIN ini sebagai rumah dari data pokok iptek, dan survei online sebagai layanan yang nantinya memanfaatkan data pokok SIIN serta melengkapi data yang ada di SIIN.

Pelaksanaan survei online pada Litbang Pemerintah pada tahun 2016 mengambil sampel pada 9 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia yaitu: Jakarta, Serpong, Batam, Surabaya, Bandung, Balikpapan, Makssar, Sorong dan Mataram.

Hasil survei data litbang diharapkan dapat memberikan indikator-indikator makro kemampuan Iptek di Indonesia. Hasil survei ini penting untuk para perumus dan pengambil kebijakan Iptek dalam merumuskan kebijakan yang tepat bagi pengembangan Iptek ke depan.(REP/AHM)

Berita terkait:

 

Bagikan Berita ini