EnglishIndonesian

Workshop Riset dan Pengembangan Inovatif Kolaboratif Balitbangtan di Solo

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 20 September 2021.

Workshop Riset dan Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dilaksanakan pada tanggal 17 - 18 September 2021 di Solo Jawa Tengah. Workshop dibuka oleh Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Haris Syahbudin, DEA. Dalam sambutannya Dr. Haris menyampaikan “ Balitbangtan telah berkomitmen menempatkan RPIK sebagai kegiatan riset terpadu yang melibatkan berbagai mitra dan berorientasi pada problem solving menjadi ruh kegiatan litbang pertanian saat ini dan ke depan. Sekaligus sebagai perwujudan dari reorientasi arah, strategi dan kebijakan memperkuat sinergi litbang untuk mendukung pembangunan pangan dan pertanian nasional”.

Tujuan dari Workshop adalah: Menosialisasi Pedoman Umum RPIK; melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Kegiatan RPIK 2021; menyusun Perencanaan Kegiatan RPIK TA 2022; dan Menyusun Langkah Percepatan Realisasi Anggaran dan Penyelesaian Administrasi Keuangan Kegiatan RPIK TA 2021.

RPIK adalah Program Balitbangtan yang strategis, inovatif dan terpadu yang dilaksanakan secara kolaboratif, melibatkan Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Balitbangtan, Perguruan Tinggi, Dinas dan stakeholder terkait. Riset dan Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sedang dijalankan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mulai tahun 2021.

Workshop dihadiri 100 peserta terdiri dari Kepala Pusat dan kepala balai Besar, Pelaksanan Harian, kegiatan RPIK; Koordinator Program dan Evaluasi, Tim Coaching; UPT terkait RPIK dan Pengelola Anggaran. Workshop juga diikuti sekitar 75 peserta virtual serta menghadirkan stakeholder dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabuparen Blora dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.

Dari Puslitbangnak hadir dalam acara Workshop RPIK Balitbangtan adalah Kepala Puslitbnagnak, Dr.Agus Susanto, Prof Ismet, Dr Atin Priyanti, Dr. Eko Handiwiran, Ir. Narta MSi, Parto dan Nur Rohani SE. (REP)

Bagikan Berita ini