EnglishIndonesian

Workshop Peningkatan Keahlian Reviwer Naskah Jurnal Internasional

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 29 November 2016.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) melaksanakan Workshop Peningkatan keahlian Reviwer Naskah Jurnal Internasional pada tanggal 28 November 2016 di aula kantor Puslitbangnak Bogor. Acara dibuka oleh Kabid Kerjasama Penelitian dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbangnak Dr. Endang Romjali dengan dimoderatori oleh Prof Ismeth Inounu (Ketua Dewan Redaksi JITV).

Narasumber kegiatan ini Prof. Dr. Ir. Dwi Eny Djoko Setyono M.Sc. , Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyampaikan  paparan dengan judul  Strategi meningkatkan keahlian reviewer naskah jurnal internasional. Disampikan bahwa perlu ada kesepahaman antara reviewer dan penulis untuk sama-sama menjaga dan meningkatkan karya tulis ilmiah.  Ada 7 tujuan dari peer review yaitu untuk memastikan: 1) Scientific quality, 2) Novelty, 3)  Metodologi, 4) Originality, 5) Tidak melanggar kode etika, 6) Penyajian hasil jelas dan runut dan 7) Hasil signifikan.

Kemudian dilanjutkan dengan Praktek penelaahan naskah yang dipandu oleh Dr. Hardi Prasetyo (dewan Redaksi JITV). Disampaikan bahwa peneliti harus menyadari peran gandanya sebagai peneliti (penulis) dan sebagai reviewer. Sifat kritis baik sebagai peneliti (penulis) dan reviewer diperlukan untuk meningkatkan kualitas KTI yang pada akhirnya meningkatkan kualitas dan kredibilitas jurnal. 
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keahlian Dewan Redaksi JITV dan Wartazoa. Workshop ini dihadiri oleh Dewan Redaksi JITV dan Wartazoa  serta peneliti lingkup Puslitbangnak (Balai Penelitian Ternak, Balai Besar Penelitian Veteriner, Loka Penelitian Sapi Potong dan Loka Penelitian Kambing Potong). (REP)

Bagikan Berita ini