EnglishIndonesian

Walikota Bogor Minum Susu Kambing di Agro Inovasi Fair

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 08 November 2021.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus menyebarluaskan dan memperkenalkan inovasi teknologi pertanian. Salah satunya melalui penyelenggaraan kegiatan Agro Inovasi Fair (AIF) pada tanggal 7 November 2021 di halaman kantor Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Fadjry Djufry menyampaikan Balitbangtan telah mendaftarkan 881 teknologi ke HKI. 580 diantaranya sudah mendapatkan sertifikat dan siap dioperasikan. “Untuk tahun 2021 ini tercatat 26 kerjasama lisensi telah ditandatangani, dan total kerjasama Balitbangtan dengan dunia usaha telah tercatat sebanyak 377 lisensi.” katanya

Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya pada pembukaan Agro Inovasi Fair 2021 di Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/11/2021) menyatakan “Ini adalah hal yang membanggakan, karena kita telah menghasilkan banyak teknologi yang bernilai kekayaan intelektual yang sudah diadopsi oleh dunia usaha.

Kegiatan ini adalah sebagai sarana promosi dan interaksi bisnis yang efektif antara sumber (penghasil) inovasi pertanian kepada masyarakat dan stakeholders digelar dengan judul Sinergitas Agroindustri Pangan Lokal Tembus Pasar Dunia.

Puslitbangnak ikut serta memeriahkan pameran bergabung dalam satu stand dengan Puslitbang Tanaman Pangan, Puslitbang Hortikultura, Puslitbang Perkebunan. Puslitbangnak menampilkan dan juga icip-icip produk peternakan berupa susu kambing, susu sapi, telor ayam KUB, telor itik , olahan ayam kampung (Woku, rica, betutu, kalasan, ayam goreng, dan ayam ungkep), serta rendang sapi. Selain itu juga menampilkan sepasang ternak kelinci .

Walikota Bogor Bima Arya, sempat mampir dan mencicipi susu kambing yang disediakan di stand Puslitbangnak. Ini adalah susu Kambing Sapera yang merupakan hasil inovasi teknologi Balai Penelitian Ternak (Balitnak). Sapera cocok dipelihara di dataran sedang sampai dengan tinggi. Produksi susunya berkisar 1,5 - 2 liter per hari.

Selain pameran dilaksanakan juga penanda tanganan 4 kerjasma yaitu: Kerjasama lisensi antara PT Lumbung Teknologi Pangan dengan BB Padi tentang Proses dan Formula Susu Beras Fortifikasi; Kerjasama lisensi antara PT Bahuma Borneo Batuah dengan Balitsereal tentang Jagung Hibrida Varietas Nakula Sadewa 29 dan JH 27; Kerjasama antara BB Pascapanen dengan PT RB Tekno Mitra Indonesia tentang Peningkatan Teknologi Pangan Sehat Berbasis Sumberdaya Lokal; Kerjasama antara BB Pascapanen dengan PT KSIP Agro tentang Impelementasi Teknologi dan Penanganan Pascapanen Buah Mangga dan Salad Tujuan Ekspor. (REP)

Bagikan Berita ini