EnglishIndonesian

Tingkatkan Wawasan, Peternak Gowa Ikuti Bimtek Standardisasi Manajemen Pemeliharaan Kambing

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 12 September 2022.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) yang diwakili oleh Koordinator Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Dr. Ir. Andi Saenab, M.Si membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Standardisasi Manajemen Pemeliharaan Kambing pada Senin, 12 September 2022. Hadir dalam Bimtek yang dilaksanakan di Aula Syeh Yusuf BBPP Batangkaluku Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini a.l. peternak Kambing di wilayah Gowa, anggota Brigade Mobil Polda Sulawesi Selatan penerima bantuan kambing Boerka, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, BPTP Sulawesi Selatan dan BBPP Batangkaluku.

Dalam sambutannya Andi Saenab menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan bimtek ini diharapkan peternak Gowa akan lebih maju dan lebih luas wawasannya karena materi Bimtek disampaikan langsung oleh para ahli di bidang peternakan. “Saya berharap wawasan bapak ibu peserta Bimtek dapat bertambah karena narasumber yang hadir adalah pakar peternakan dan sudah menghasilkan berbagai teknologi di bidang kambing potong dan domba,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Penyelenggara Pelatihan Balai Besar Penyuluh Pertanian (BBPP) Batangkaluku Sugeng Mulyono, S.TP, MP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Puslitbangnak yang telah memberikan Bimtek untuk peternak di Kabupaten Gowa. Harapannya peternak Gowa dapat bersinergi dan semakin termotivasi dalam mengembangkan komoditas peternakan di daerahnya. “Saya berharap para peternak Gowa dapt bersinergi untuk mengembangkan peternakannya. Untuk itu peserta bimtek agar dapat memaksimalkan kegiatan ini dengan berdiskusi dan bertanya seputar masalah dan solusi terkait bidang peternakan di wilayahnya,” imbuhnya.

Sugeng juga menyampaikan juga bahwa BBPP Batangkaluku siap mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan SDM petani. BBPP Batangkaluku membuka kesempatan seluas-luasnya kepada peternak apabila ada peternak yang ingin mengikuti pelatihan dan berdiskusi lebih lanjut terkait pertanian dan peternakan di wilayah Sulawesi Selatan.

Narasumber dalam Bimtek Standardisasi Manajemen Pemeliharaan Kambing ini adalah Dr. Andi Baso Lompengen Ishak (Kepala Balai Penelitian Ternak), drh. Anwar (Koordinator Program Loka Penelitian Kambing Potong, dan Uka Kahfiana, S.IP. (Balai Besar Penelitian Veteriner).

Pada kesempatan tersebut Andi Baso mendorong peternak untuk dapat berpikiran out of the box yang artinya harus sudah memikirkan profit dan pengembangan ternak skala usaha yang lebih besar. “Berpikirlah out of the box, dengan begini keuntungan yang diperoleh peternak akan lebih besar kedepannya,”saran pria kelahiran Soppeng Sulawesi Selatan tersebut.

Peserta yang berjumlah sekitar 80 peserta tersebut sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan Bimtek. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Diantaranya tentang manajemen pemeliharaan, kesehatan ternak, pemberian pakan, penyusunan ransum ternak serta peluang ekonomi dalam skala usaha yang lebih besar.

Jamal Abas, peternak asal Gowa, menyatakan Bimtek seperti ini sangat membantu meningkatkan pengetahuan peternak dan diharapkan bisa sering dilaksanakan. Besar harapan mereka bisa terus belajar dan berdiskusi terkait peternakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Bimtek Standardisasi Manajemen Pemeliharaan Kambing ini merupakan program Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dalam rangka mengedukasi petani/peternak untuk menumbuhkan produktivitas sektor pertanian dan peternakan yang pada akhirya diharapkan dapat menambah kesejahteraan petani yang bermuara pada memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat. (BAR/NH)

Bagikan Berita ini