EnglishIndonesian

Tingkatkan Kompetensi Pustakawan, Puslitbang Peternakan Mengikuti Peningkatan Kompetensi Pustakawan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 21 Juni 2022.

Pustakawan merupakan salah satu jabatan fungsional yang ada di lembaga pemerintahan. Ruang lingkup, tugas dan tanggung jawab Pustakawan adalah melakukan kegiatan kepustakawanan. Dalam rangka mencapai tujuan nasional, dibutuhkan adanyaPegawai Negeri Sipil dengan mutuprofesionalisme yang memadai, berdayaguna dan berhasil guna dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan. Oleh sebab itu, Pustakawan perlu dibina dengan sebaik-baiknya atas dasar karier dan sistem prestasi kerja melalui kegiatan “Pembinaan Jabatan Fungsiona Pustakawan”.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15-17 Juni 2022 di Hotel Aston Inn Pandanaran, Semarang. Kegiatan diikuti oleh 32 peserta dari berbagai UK/UPT Lingkup Kementerian Pertanian. Hadir dari Puslitbangnak Pringgo Pandu Kusumo.

Narasumber kegiatan berasal dari Pustaka, Perpustakaan Nasional dan Biro Organisasi Kepegawaian Kementerian Pertanian. Naraumber dari Perpusnas Opong Sumiati dan Hendra Setiawan menyampaikan paparan dengan judul Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Jabatan; Uji Kompetensi Bagi Pustakawan. Kemudian dilanjutkan oleh narasumber dari Pustaka Dr. Riko Bintari menyampaikan paparan dengan judul Pustakawan Menuju ASN Berakhlak; Jusnia A dengan judul paparan Penulis Bagi Pustakawan; Etty Andriaty dengan judul paparan Praktek Dupak Online dan Eka Kusmayadi dengan judul paparan Praktek dupak online. Dari Biro OK hadir Nurwahida dan Sibli.

Kegiatan Pembinaan Jabatan Fungsional Pustakawan dibuka oleh Kepala Pustaka Bogor Bapak Gunawan, SP, M.Si."Pustakawan diharapkan berkontribusi secara nyata terhadap output masing-masing UK/UPT dalam pembangunan pertanian, sehingga tercapainya pertanian yang maju, mandiri dan modern” imbuhnya. Selain itu Kepala Pustaka juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan aspek teknis dan administrasi para pustakawan, meningkatkan kesadaran terhadap perubahan dalam peraturan kepustakawanan serta meningkatkan pemahaman dalam menyusun butir-butir kegiatan di dalam aplikasi DUPAK Online. (PPK/REP)

Bagikan Berita ini