EnglishIndonesian

Tim RPIK Provinsi Banten Survey Calon Lokasi di Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 15 Juni 2021.

Tim Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Banten terdiri dari beberapa satuan kerja (satker) antara lain Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak), Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet), Balai Penelitian Tanah (Balittanah), Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten. Tim dari Puslitbangnak Banten yaitu Tessa Magrianti, Eko Kardiyanto, Syifa Fauziah, dan Maisa Mardiarasari. Tim RPIK telah melakukan survey calon lokasi RPIK di Desa Kramat Jaya, Desa Gunung Kendeng, dan Desa Bulakan Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak Provinsi Banten pada 31 Mei 2021 dan 1 Juni 2021.

Kegiatan koordinasi dilaksanakan di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak dihadiri oleh anggota Tim RPIK Banten yang diketuai oleh Koordinator RPIK Banten (Dr. Wisri Puastuti), Kabid Produksi Pertanian Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak (Irwan Riyadi, SP, MA), dan Kasie Ruminansia Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak (Hadi Winatapura, S.Pt). Dalam pertemuan koordinasi tersebut dipaparkan rencana kegiatan RPIK-Banten oleh Koordinator RPIK.

Hasil koordinasi bahwa Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak akan mendukung kegiatan RPIK yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Gunung Kencana.

Kegiatan survey calon lokasi dilaksanakan bersama perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak,dan Koordinator Penyuluh Kecamatan Gunung Kencana.

Survei calon lokasi kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) dilakukan dengan melihat langsung lahan penanaman jagung dan kandang domba (sampling). Sedangkan pengumpulan informasi dilakukan melalui diskusi/wawancara dengan Kades, Ketua LMDH, beberapa orang penyuluh, petani/peternak dan Babinsa di tiga wilayah korporasi yaitu Desa Kramat Jaya, Desa Gunung Kendeng, dan Desa Bulakan. (REP)

Bagikan Berita ini