EnglishIndonesian

Tim Puslitbangnak Kembali Vaksinasi Ayam untuk Kelompok Tani Penerima Bantuan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 22 September 2020.

Setelah sebelumnya dilakukan penyuntikan vaksin Gumboro, Tim Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Ternak kembali melakukan vaksinasi untuk kelompok tani penerima bantuan ayam pada 21 September 2020 lalu. Vaksinasi yang dilakukan kali ini adalah vaksinasi ND-IB dimana kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari fasilitasi pendampingan diseminasi kepada kelompok penerima manfaat dari sisi kesehatan hewan.sVaksin dilakukan kepada ayam KUB umur 14 hari pada empat kelompok penerima manfaat di wilayah Bogor yakni KWT Tulip (Rancamaya), KTD Mandiri Sejahtera (Bantarjati), KTD Bina Sejahtera (Bubulak), dan KTD Tani Maju (Bubulak).

Vaksinasi dilakukan oleh petugas teknisi dari Balitnak Agus Setiawan dan didampingi tim Puslitbangnak Gresy Eva Tresia dan Bayu Arta Ramadhan. Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana untuk memberikan pelatihan praktik singkat kepada peternak untuk melakukan vaksinasi dengan benar. Kunjungan ini sekaligus dimanfaatkan untuk melakukan monitoring perkembangan ayam dan menggali kendala dan permasalahan yang dihadapi peternak.

Sebagai bagian dari monitoring implementasi Bimtek budidaya yang baik, tim juga melakukan pemantauan terkait dengan jadwal dan jumlah pemberian pakan, penerapan biosekuriti, pengaturan suhu lingkungan, termasuk pembagian kerja kelompok dalam proses budidaya. (GET/MIF)

Bagikan Berita ini