EnglishIndonesian

Tambah Ilmu Bagi Peternak, Balitbangtan Gelar Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Ayam dan Itik Hasil Inovasi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 10 Juni 2022.

Guna memperkuat Jaringan Pertanian Nasional (JPN), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan yang dalam hal ini Balai Penelitian Ternak telah mengadakan Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Ternak Ayam dan Itik Hasil Inovasi Balitbangtan. Kegiatan bimtek ini diadakan di aula Taman Teknologi Pertanian Sedong Kabupaten Cirebon pada Kamis 9 Juni 2022 lalu. Bimtek ini dihadiri oleh Kepala Puslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si., beserta jajaran, Kepala Balai Penelitian Ternak Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt, MP., serta tim dan Mamat Surahmat Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon dan perwakilan BPTP Jawa Barat serta peserta yang berasal dari kelompok tani/ternak sekitar TTP Sedong.

Kepala Puslitbangnak dalam sambutannya menyampaikan “semangat dan bangga menjadi petani atau peternak karena pertanian dan peternakan merupakan pekerjaan yang mulai karena menghidupi orang lain yang membutuhkan pangan, dengan bimtek ini diharapkan peternak mendapatkan tambahan ilmu pemeliharaan ternak yang baik”. “kelompok tani harus mampu memanfaatkan sisa-sisa limbah pertanian untuk dijadikan bahan campuran sebagai bahan baku pakan” imbuhnya. Selain itu, Kapuslitbangnak menekankan juga mengenai Penyakit Mulut dan Kuku, agar peternak mampu menangani dan mencegah penyakit ini sehingga bisa terhindar kepada ternak yang dimiliki.

Sambutan lain juga disampaikan dari Ketua Komisi II DPRD Kab. Cirebon Mamat Surahmat yang menuturkan bahwa “hal ini sebagai salah satu sinergi dengan Dinas terkait dalam usaha mengembangkan ekonomi masyarakat, karena sektor pertanian dan peternakan memiliki potensi untuk bertahan dan berkembang ditengah kondisi sulit sekalipun”. Selain itu, Kepala Balitnak, Perwakilan Dinas Pertanian Kab, Cirebon, Koordinator KSPHP Puslitbangnak dan Perwakilan BPTP Jawa Barat menyampaikan sambutannya masing-masing.

Bimtek ini menghadirkan narasumber yakni M Hamdan yang menyampaikan “Teknologi Budidaya Itik Unggul Balitbangtan” dan Anton Sujatmiko A.Md dengan materi “Manajemen dan Produksi Ayam Kampung Unggul”.

Setelah bimtek, juga dilakukan kunjungan ke kandang dan penetasan yang berada di TTP Sedong. TTP Sedong sudah mampu menghasilkan dan memproduksi DOC sendiri untuk selanjutnya disebarluaskan pada kelompok ternak sekitar. Bimtek ini diharapkan menjadi stimulus untuk membangkitkan sistem peternakan yang terintegrasi dengan pertanian sehingga mampu meningkatkan SDM dan ekonomi masyarakat sehingga para peternak mampu mandiri unggul dan modern dalam hal produksi ternak dan pakan. (MIF/Balitnak)

Bagikan Berita ini