EnglishIndonesian

Taman Teknologi Pertanian Cikajang-Garut

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 21 Agustus 2016.

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Cikajang - Garut merupakan kawasan agribisnis untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi masyarakat di Kabupaten Garut - Jawa Barat.

Taman Teknologi Pertanian berada di Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut yang terletak disebelah Selatan Jawa Barat. Kabupaten Garut yang secara geografis berdekatan dengan kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat yang merupakan daerah peyangga dan hinterland bagi pengembangan Bandung Raya. Oleh karena itu Kabupaten Garut mempunyai kedudukan yang strategis dalam memasok kebutuhan warga kota dan Kabupaten Bandung sekaligus pula berperan dalam mengendalikan keseimbangan lingkungan.

Luasan TTP di Kecamatan Cikajang ini sekitar 4,5 hektar. Adapun proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan TPP Cikajang melalui Badan Litbang Pertanian dalam operasionalnya dikoordinasikan oleh BPTP Jawa Barat yang didukung Pemda Kabupaten Garut dan Dinas Pertanian serta dua perguruan tinggi setempat yaitu Universitas Pajajaran dan Universitas Garut. Sedangkan dukungan dari swasta dengan dirintisnya kerjasama dengan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.

TTP Cikajang ini merupakan kawasan implementasi inovasi yang telah dikembangkan pada Agro Science Park (ASP), berskala pengembangan dan berwawasan agribisnis hulu-hilir yang bersifat spesifik lokasi dengan kegiatannya meliputi : penerapan teknologi pra produksi, produksi, pra panen, pasca panen, pengolahan hasil, dan pemasaran serta wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi masyarakat serta pengembangan kemitraan agribisnis dengan swasta.

 

Komoditas yang dikembangkan di TTP Cikajang adalah komoditas sayuran dataran tinggi terutama pembibitan kentang, ternak domba garut dan jeruk garut. Ke tiga komoditas tadi merupakan komoditas unggulan kabupaten Garut.

Untuk mempromosikan komoditas dan produk serta jasa layanan agribisnis yang ada di TTP Cikajang-Garut kepada masyarakat luas salah satunya melalui layanan akses internet yaitu website dan media sosial. Adapun alamat URL nya http://cikajang.litbang.pertanian.go.id/(AHM)

Bagikan Berita ini