EnglishIndonesian

Taksir Bobot Badan Sapi dengan Aplikasi SIBOBA

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 26 Agustus 2021.

Saat ini bobot badan sapi dapat diduga dengan aplikasi Siboba. Demikian disampaikan oleh Frediansyah Firdaus peneliti di Loka Penelitian Sapi Potong dalam Bimtek yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. (13 Agustus 2021). Fredi adalah Peneliti Ahli Pertama bidang Peternakan dan Ilmu Ternak, Beliau pernah terpilih sebagai Best Presenter Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner, Puslitbangnak Tahun 2020 dan Best Presenter Semnas Sapi dan Kerbau Universitas Andalas Tahun 2020

Bimtek yang digelar secara daring, dibuka oleh Kepala Loka Penelitian Sapi Potong drh. Dicky M Dikman, M.Phill. dan dimoderatori oleh Penanggung Jawab Kegiatan penelitian Siboba Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. Dalam paparannya narasumber Frediansyah Firdaus, yang berjudul Penggunaan Aplikasi Pendugaan Bobot Badan Sapi Potong Berbasis Android menyampaikan bahwa Siboba diciptakan untuk mempermudah stakeholder dalam menaksir atau menduga bobot badan sapi potong sebagai wujud alternatif, terutama bagi stakholder yang mengalami kesulitan dalam mewujudkan timbangan digital.

“Siboba bermanfaat sebagai alternative, mengurangi stress ternak, mudah digunakan, serta efisien tenaga waktu dan biaya,” ujarnya. Saat ini, dalam bimtek, yang diperkenalkan adalah Siboba versi 1 dengan konsep menggunakan ukuran tubuh untuk menaksir bobot badan sapi.

“Kita ibaratkan sapi seperti sebuah tabung, ada volume tabung. Maka ini kita gunakan sebagai dasar untuk menaksir boot badan sapi,” lanjut Fredi. User tinggal memasukkan data lingkar dada dan Panjang badan sapi, maka akan keluar hasil penaksiran bobot badan sapi. Saat ini, akurasi Siboba berkisar antara 93-99 persen.

Untuk menginstal Siboba, caranya cukup mudah. Pada aplikasi android, stakeholder dapat mengunduh di Google Play Store, dengan kata kunci Siboba Sapi, kemudian dilanjutkan dengan melakukan registrasi menggunakan email untuk memperoleh penggunaan full aplikasi. “Setelah registrasi, user dapat menyimpan data bobot badan yang didalamnya sudah secara otomatis ada pertambahan bobot badan harian, umur sapi terkini, grafik bobot badan sapi, serta riwayat bobot badan sapi,” jelasnya.

Siboba juga menyediakan menu stakeholder, sebagai media untuk mencari informasi stakeholder dengan kategori Instansi Pemerintah, Pasar Ternak, Peternak, Agen Ternak. Ketika menu tersebut diakses, maka user dapat mengakses info lokasi dari stakeholder yang diinginkan. “Kita harapkan Siboba juga dapat menjadi media bersilaturahmi antar user, dan antara user dengan stakeholder sapi potong,” ungkapnya. Saat ini, Lolitsapi juga sedang mengembangkan Siboba versi 2, dimana user dapat langsung menaksir bobot badan sapi dengan cara melakukan pemotretan pada sapi.

Kegiatan ini diikuti oleh stakholder sapi potong, mulai dari peternak, petugas dinas, peneliti, dosen, hingga pecinta sapi potong dengan total peserta berjumlah 377 orang. (REP/FF)

Bagikan Berita ini