EnglishIndonesian

Sumberdaya Genetik Ayam Lokal Indonesia dan Prospek Pengembangannya

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 20 Februari 2017.

Buku Sumber Daya Genetik Ayam Lokal Indonesia dan Prospek Pengembangannya ini merupakan salah satu dokumentasi yang diharapkan dapat menambahkan dan melengkapi berbagai informasi ke dalam khazanah ilmu dan pengetahuan peternakan, khususnya ternak ayam lokal. Berbagai publikasi yang berhubungan erat dengan buku ini sudah ada beredar, namun buku ini memberikan kontribusi yang lebih lengkap mengenai ayam-ayam lokal di Indonesia serta ayam pendatang yang sudah beradaptasi di Indonesia, dilengkapi dengan berbagai informasi fenotipe secara kuantitatif dan kualitatif. Karakteristik ayam-ayam Indonesia ini dicirikan dengan tampilan fenotipe yang beragam mulai dari warna bulu sampai produktifitas.

Dalam buku ini berbagai jenis ayam berdasarkan pemanfaatannya dijabarkan baik dari segi kondisi tampilan external, atau ciri-fisik yang membedakan ayam jenis tertentu dengan ayam ras dari luar Indonesia. Selain itu dalam buku ini dikemukakan pula secara detail data-data produktifitas telur, pertumbuhan, maupun kualitas telur bagi jenis ayam tertentu yang informasinya sudah lengkap. Buku ini paling sedikit akan memberikan kepada para pembaca, suatu pengetahuan akan ayam-ayam lokal di Indonesia. Selanjutnya besar kemungkinan para akademisi yang tertarik dapat memakai buku ini sebagai salah satu referensi setiap kegiatan pemuliaan ayam-ayam lokal Indonesia.

Dr. Tike Sartika adalah peneliti Balai Penelitian Ternak yang dalam 20 tahun terakhir ini memperdalam pengetahuan akan sifat-sifat ternak ayam lokal Indonesia. Ilmu dasar yang beliau kuasai adalah Ilmu Pemuliaan dan Genetika Ternak. Bekerja sama dengan rekan penelitinya, Prof (R) Dr. Sofjan Iskandar yang aktif di dalam menggalakkan plasma nutfah ayam lokal Indonesia berusaha untuk menyusun buku ini yang dipersembahkan kepada anak-anak bangsa Indonesia tercinta.

Insya Allah buku ini dapat memberikan berbagai pencerahan mengenai ayam-ayam lokal Indonesia dan pemanfaatannya oleh masyarakat Indonesia dari ujung Barat sampai ujung Timur. u

 Informasi Selengkapnya: (download)

http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/index.php/publikasi/booklet/48394

Bagikan Berita ini