EnglishIndonesian

Sosialisasi PP 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 21 Januari 2022.

Dalam rangka mengingatkan karyawan dan karyawati Puslitbangnak, awal tahun 2022 telah dilaksankan sosialisasikan PP 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil kepada karyawan dan karyawatinya pada Rabu, 19 Januari 2021. Sosialisasi disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbangnak, Ir. Narta M.Si. Kegiatan ini dihadiri karyawan dan karyawati Puslitbangnak.

Dasar hukum terbitnya PP No 94 tahun 2021 adalah UNo 5 Tahun 2014 tentang ASN. Bahwa dalam Pasal 86 disampaikan bahwa: Untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas, PNS wajib mematuhi disiplin PNSInstansi Pemerintah wajib melaksanakan penegakan disiplin terhadap PNS serta melaksanakan berbagai upaya peningkatan disiplin dan PNS yang melakukan pelanggaran disiplin dijatuhi hukuman disiplin serta ketentuan lebih lanjut mengenai disiplin sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Disiplin PNS adalah kesanggupan PNS untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Sedangkan pelanggaran disiplin, setiap ucapan, tulisan, atau perbuatan PNS yang tidak menaati kewajiban dan/atau melanggar larangan ketentuan Disiplin PNS, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar jam kerja. Hukuman disiplin adalah hukuman yang dijatuhkan oleh pejabat yang berwenang menghukum kepada PNS karena melanggar peraturan Disiplin PNS.

PNS yang melakukan pelanggaran atas kewajiban masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja akan mendapat 3 jenis disiplin kerja yaitu disiplin ringan, disiplin sedang dan disiplin berat.

Disiplin ringan berupa teguran lisan, teguran tertulis dan pernyataan tidak puas secara tertulis. Sedangkan disiplin sedang berupa pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25% selama 6 bulan, pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25% selama 9 bulan dan pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25% selama 12 bulan. Disiplin berat berupa penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulanpembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNSpemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS (REP)

Bagikan Berita ini