EnglishIndonesian

Sosialisasi Aplikasi Sibibit

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 23 Agustus 2021.

Aplikasi Sibibit adalah aplikasi yang dibuat oleh Pusat Peneltian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak). Tujuan pembuatan aplikasi Sibibit adalah untuk memudahkan Puslitbangnak mendapatkan data riil penyebaran ternak dari UPT dan BPTP seluruh Indonesia. Demikian sambutan Koordinator KSPHP Dr. Ir. Andi Saenab, MSi (mewakili Kapuslitbangnak) pada pembukaan sosialisasi aplikasi Sibibit yang dilaksankan 19 Agustus 2021. Untuk itu diharapkan kerjasamanya demi tercapainya tujuan tersebut. Data riil penyebaran ternak juga sering ditanya oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian , maka dengan adanya Sibibit kebutuhan tersebut dapat tersedia setiap waktu. Sehingga kapan pun ada peemintaan data penyebaran ini dari Kementrian Pertanian maupun Balitbangtan dapat langsung dengan cepat cepat diberikan. Adanya adanya aplikasi ini juga merupakan misi kitaKementan yang sudah dicanangkan yaitu Maju, Mandiri dan Modern. Sebab dengan teknologi ini kita bisa Maju dan Modert. Artinya tidak dengan manual lagi.

Sosialisasi diikuti oleh IT/pegawai yang mengurus distribusi/penyebaran ternak di BPTP.

Setelah data masuk semua. Data tersebut akan terekap diaplikasi. Sosialisasi aplikasi Sibibit dibuka oleh Koordinator KSPHP Dr. Ir Andi Saenab, MSi yang mewakili Kepala Puslitbangnak.

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Andika Wahyu. Disampaikan bahwa Aplikasi Sibibit dibuat berbasis web, artinya dapat dibuka dan diakses dari berbagai device, seperti HP, laptop, tablet, komputer, dan lain sebagainya. Akses aplikasi ini nantinya akan tersedia di website resmi Puslitbangnak.

Cara kerja aplikasi ini adalah mengumpulkan data – data yang tersebar di berbagai tempat (UPT dan BPTP). Data diinput oleh UPT dan BPTP secara berkala yang mana waktu penginputan sebaran disesuaikan dengan kesepakatan. Input yang dilakukan adalah berupa data master yang dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Ayam, Itik, Domba, Kelinci, Kambing, Sapi, dan Benih. Data yang perlu diinput per bulan dan per tahun.

Masing – masing UPT dan BPTP akan mendapatkan akses user (menu login), serta akan masuk ke aplikasi yang didalamnya terdapat beberapa Menu diantaranya: Beranda, Data Sebaran, Laporan, grafik dan Data Master. Setiap UPT dan BPTP akan sering bekerja pada menu Update Data Sebaran per bulan dan per tahun dan pada export XLS (untuk merubah format data kedalam bentuk file excel)

Menu Data Sebaran adalah tempat menginput data sebaran bulanan dan tahunan, untuk menambahkan data klik tombol tambah data dan tabel Instansi akan terisi secara otomatis sesuai daftar User login. Tujuan sebaran bisa diisi lebih dari satu provinsi tujuan. Menu Laporan akan mengkompile setiap laporan bulanan dan akan diexport lalu ditampilkan kedalam bentuk excel. Aplikasi Sibibit ini akan diujicobakan sebelum launching.

Sosialisasi ini diikuti oleh 57 orang yang terdiri dari perwakilan dari BPTP seluruh Indonesia dan coordinator KSPHP, sub coordinator PDHP dan staf PDHP Puslitbangnak. (REP)

Bagikan Berita ini