EnglishIndonesian

Sarasehan Petani Milenial 2022 Mendukung Ketahanan Pangan Nasional

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 01 September 2022.

Telah dilaksanakan Sarasehan Petani Milenial 2022 pada tanggal 28 – 30 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Ragunan Jakarta. Sarasehan merupakan pertemuan Petani Milenial, petani dan Penyuluh. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan peran aktif petani milenial dan penyuluh dalam peningkatan produksi dan daya saing produk pertanian, pengembangan ekosistem kewirausahaan pertanian, membangun jejaring petani milenial antar wilayah, serta sebagai upaya antisipasi krisis pangan.

Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo membuka kegiatan sarasehan. Dalam sambutannya menyebutkan bahwa seluruh aspek masyarakat harus ikut dan turut serta dalam mendorong kreativitas dan inovasi dari petani-petani muda Indonesia. Generasi muda berperan penting untuk membangun pertanian di masa depan. “Dunia mengharapkan pangan Indonesia menjadi sesuatu yang berarti. Kita percaya bahwa di tangan anak muda masa depan bangsa akan lebih baik.,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Prof. (R) Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Prof. Dedi Nursyamsi, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr. Idha Widi Arsanti, SP, MP., dan Kepala Balai Besar Pengembangan dan Pengkajian Teknologi Pertanian (BB Pengkajian) Dr. Ir. Fery Fahrudin Munier, M.Sc., IPU., Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Dr. Agus Susanto MSi.

Selama kegiatan sarasehan dilaksanakan juga pameran yang menampilkan berbagai produk-produk pertanian dan peternakan. Balitbangtan menampilkan teknologi unggulan antara lain: benih padi, benih kedelai, benih jagung, telur ayam KUB, vaksin hewan, benih TSS (true shallot seed) bawang merah, benih bawang merah, benih cabai, kultur jaringan tanaman hias, tepung sorgum, olahan sorgum, olahan talas beneng, maket smart irigasi berbasis internet of things (IoT), perangkat uji tanah sawah (PUTS), perangkat uji tanah kering (PUTK), perangkat uji pupuk, sol sepatu dari sekam padi; telur ayam KUB dan telur Itik; serta berbagai flayer dan leaflet terkait pertanian dan peternakan hasil Balitbangtan.

Selain kegiatan Sarasehan diadakan juga gelar teknologi dan berbagai lomba antara lain:: Millenial Agripreneur Vlog Competition dengan Tema : #Petani Milenial Hebat, Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat; Lomba Foto Aktifitas Pertanian dengan Tema : #Bangga Jadi Petani Milenial; Lomba Fun OutBound; Lomba Fun Game Rantai Nama, Tebak Gaya dan Scavenger; Lomba pentas seni antar Eselon 1; Lomba Stand Pameran dan Produk paling kreatif dan Lomba Penyuluhan dll. (REP/BAR)

Bagikan Berita ini