EnglishIndonesian

Refleksi Kinerja 2021

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 20 Januari 2022.

Tahun 2022, Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbangnak) laksanakan acara refleksi kegiatan tahun 2021. Acara dibuka oleh Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto, yang dalam sambutannya menyampaikan acara in sangat penting bagi kita untuk mengetahui capaian kinerja tahun 2021. "Dari kegiatan ini kita evaluasi dan perbaiki kegiatan yang capaiannya belum maksimal. Sehingga di tahun 2022 kita bisa lebih baik dari tahun 2021” pungkas Agus Susanto..

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) adalah salah satu unit kerja dibawah Badan Penelitian dan Pengembangna Pertanian (Balitbangtan). Sebagai lembaga penelitian Puslitbangnak mempunya visi “Menjadi lembaga penelitian dan pengembangan peternakan dan veteriner terkemuka penghasil teknologi dan inovasi mendukung pengembangan peternakan Maju, Mandiri, dan Modern”. Sedangkan misi Puslitbangnak adalah Menghasilkan inovasi bernilai scientific dan impact recognition; Mewujudkan instansi yang transparan, professional, dan akuntabel dan Mengembangkan jejaring kerjasama nasional dan internasional menuju peningkatan profesionalisme dan kompetensi kelembagaan.

Puslitbangnak mempunya 3 sasaran yaitu: Termanfaatkannya teknologi dan inovasi peternakan dan veteriner; Terselenggaranya birokrasi yang efektif dan efisien dan berorientasi pada layanan prima; serta Terkelolanya anggaran yang akuntabel dan berkualitas.

Beberapa teknologi linglup Puslitbangnak 2021 sudah dimanfaatkan. Puslitbangnak menghasilkan teknologi: Model Kawasan Peternakan Sapi Terintegrasi Berskala Ekonomi; Kemandirian Pakan Berbasis Sumberdaya Lokal (Jagung-Kambing); Kemandirian Pakan Berbasis Sumberdaya Lokal (Jagung-Domba); Kemandirian Pakan Berbasis Sumberdaya Lokal (Itik); Kemandirian Pakan Berbasis Sumberdaya Lokal (Shorgum-Sapi).

Dari Balai Besar Penelitian Veterininer dihasilkan teknologi KIT ELISA untuk Mendeteksi Antibodi Terhadap Nucleoprotein Virus SARS COV-2. Sedangkan dari Balai Penelitian Ternak adalah Zinc-PL untuk Pertumbuhan Ayam Broiler (Pedaging); Rumput Benggala Kering Masam dan Probiotik untuk Anak Kerbau.

Dua Loka Penelitian dibawah lingkup Puslitbangnaka adalah Loka Sapi Potong dan Loka Kambing Potong. Loka Penelitian Sapi Potong menghasilkan teknologi Kit SiCebun (Deteksi Cepat Kebuntigan) dan Rumen Protected Lipid. LokaPenelitian Kambing Potong menghasilkan Teknologi Inseminasi Buatan (IB) Kambing. (REP)

Sumber :

Langsung

Bagikan Berita ini