EnglishIndonesian

Puslitbangnak – Unhas Sepakat Jalin Kolaborasi Penelitian Bidang Peternakan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 27 Agustus 2021.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) kembali menjalin kolaborasi dengan universitas dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang peternakan. Kali ini Puslitbangnak bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan. Penandatanganan kerja sama yang terlaksana secara virtual tersebut dilakukan dari masing-masing lokasi pada Kamis, 26 Agustus 2021 oleh Kepala Puslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. dan Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) Unhas Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc.

Dalam sambutannya. Kepala Puslitbangnak menyatakan bahwa di era 4.0 ini kolaborasi merupakan jawaban untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam melaksanakan berbagai aktivitas, termasuk penelitian dan pengembangan. Dr. Agus juga berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kinerja Puslitbangnak maupun Unhas. “Dengan terjalinnya kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan kinerja (kedua belah pihak) dan kinerja tersebut akan menjadi lebih optimal, lebih maju, lebih berdayaguna bagi masyarakat demi kejayaan bangsa dan negara,” tegasnya.

Sementara itu Prof. Lellah Rahim menyatakan rasa syukurnya atas terjalinnya kerja sama penelitian ini mengingat universitas dituntut untuk dapat melakukan kolaborasi dengan lembaga penelitian lainnya. “Kerja sama (Puslitbangnak dengan Unhas) ini dirasa sangat tepat karena di Sulawesi areal untuk mengembangkan peternakan masih sangat luas. Selain itu diharapkan dapat pula mengangkat kearifan lokal sebagaimana visi Unhas”, ungkap Prof. Lellah.

Dalam perjanjian kerja sama ini, kedua belah pihak bersepakat untuk secara bersama-sama melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang peternakan; pemberdayaan masyarakat yang menekankan pada perbaikan kesejahteraan peternak dan nilai tambah kegiatan peternakan; pengabdian kepada masyarakat melalui diseminasi dan implementasi inovasi teknologi; peningkatan kualitas publikasi dalam bentuk buku, jurnal dan sebagainya; serta peningkatan kualitas sumber daya manusia..

Turut hadir menyaksikan penandatanganan kerja sama ini antara lain Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Fapet Unhas Prof. Ir. Muhammad Yusuf, S.Pt. Ph.D. IPU; Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumberdaya Fapet Unhas Prof. Dr. Ir. Sitti Nurani Sirajuddin, S.Pt. M.Si. IPU; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fapet Unhas Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si. IPU, ASEAN Eng.; Koordinator Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Puslitbangnak Dr. Ir. Andi Saenab, MS. dan Sub Koordinator Kerja Sama Penelitian Puslitbangnak Hasanatun Hasinah, S.Pt. MP. (NH)

Bagikan Berita ini