EnglishIndonesian

Puslitbangnak Turut Mendukung Inovasi Pelayanan dan Penyebaran Informasi Publik Berbasis Teknologi Informasi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 16 Juli 2020.

Bogor (15/07/2020) Kementerian Pertanian melalui Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) selaku PPID Utama Kementan melaksanakan Webinar dengan tajuk Inovasi Pelayanan dan Penyebaran Informasi Publik yang Cepat dan Tepat Berbasis Teknologi Informasi. Acara yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Juli 2020 ini menghadirkan narasumber Sekretaris Jenderal Kementan Dr. Momon Rusmono dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana.

Sekjen Kementan yang juga sebagai Atasan PPID Utama Kementan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada PPID Utama yang telah memprakarsai kegiatan Webinar. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka koordinasi dan peningkatan kinerja pengelolaan dan pelayanan informasi publik di Masa Pandemi Covid-19. Tujuan lainnya adalah sebagai upaya tetap menjaga Predikat Badan Publik Informatif yang telah diraih Kementan selama ini. “Predikat Badan Publik Informatif yang telah diraih merupakan komitmen bersama seluruh Unit Kerja/ Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Pertanian,” tegas Sekjen.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen mengingatkan juga agar masing-masing satuan kerja lingkup Kementan menganggarkan secara spesifik untuk pengelolaan informasi dan dokumentasi. “Agar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik melakukan monitoring terkait ini,” imbuhnya.

Komisioner Gede Narayana juga mengapresiasi komitmen Kementan dalam mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan terus menerus. Gede menyampaikan materi tentang asas informasi publik, dasar hukum pelayanan publik, pengelolaan informasi publik, serta kebijakan dan aksi KIP Pusat dalam pandemi Covid-19. “Pengelolaan Informasi Publik sangat luas. Tidak hanya melibatkan humas saja, namun juga pengelolaan arsip (dokumen) dan sengketa informasi,” ujarnya.

Acara Webinar dilaksanakan selama satu hari dan dihadiri oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Atasan PPID dan Pengelola PID di lingkungan Kementerian Pertanian. Puslitbangnak selaku PPID Pembantu Pelaksana diwakili oleh Kasubbid PDHP Nandi Hendriana dan Petugas PPID Bayu Arta Ramadhan. (BAR/NH)

Bagikan Berita ini