EnglishIndonesian

Puslitbangnak, Survey Calon Lokasi Pengembangan Domba Unggul Balitbangtan di Kabupaten Sukabumi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 21 Juni 2021.

Tim Puslitbangnak, Tessa Magrianti, Rahmawati dan Pringgo Pandu Kusumo melakukan survey di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi pada tanggal 2 Juni 2021. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengidentifikasi lokasi yang akan dijadikan lokasi pengembangan domba unggul Balitbangtan. Survey dilakukan dengan didampingi oleh tenaga kesehatan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Warsim dan dan Penyuluh Pertanian BPP.

Kelompok Tani Ternak Darmaga yang berlokasi Di Desa Cipeuteuy memelihara 1000 ekor domba. Kelompok ini diketuai oleh Bapak Ucok beranggotakan 137 peternak. Disini ada 3 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yaitu Darmaga 1, Darmaga 2 dan Darmaga 3. Untuk pakan, peternak biasa memberikan rumput odot, rumput lapang dan sisa jagung. Indigofera sudah pernah ditanam tetapi jumlahnya masih sedikit. Peterrnak disini sangat berminat untuk menanam Indigofera.

Ada hal yang unik terkait pakan di desa ini. Untuk memberi makan ternaknya peternak hanya memberikan pakan yang ditanamnya, tidak mengambil dari yang ditanam orang lain tanpa izin. Hal ni dilakukan dalam upaya berusaha memberi yang halal supaya hasilnya berkah. Selain menanam tanaman pertanian mereka juga menanam rumput di lahan pertaniannya. Artinya selain tanaman pakan ternakpun juga diberi pupuk.

Pemeliharaan dilakukan dengan cara dikandangkan. Desa Cipeutuy dikelilingi kandang ternak. Tim survey sempat berkeliling melihat kandang. Domba yang dipelihara sebagian besar betina. Sedangkan anak jantan yang lahir akan dijual begitu lepas sapih. Ketika tim survey menanyakan kenapa dijual, jawaban yang dominan adealah desakan ekonomi. Untuk mencukupi kebutuhan pejantan ada pejantan yang bisa dipinjam. Domba dari Desa Cipeuteuy umumnya dijual ke pengumpul. Biasanya pengumpul akan menjual di pasar ternak di Dinas Peternakan setiap hari Selasa dan Jum at.

Survey ini menyimpulkan Kelompok ternak Darmaga yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi memiliki populasi domba betina yang cukup banyak. Namun pengembangbiakan domba terkendala pada jumlah domba jantan yang sangat minim. Perkawinan sekerabat sering terjadi karena terbatas jumlah domba jantan. Oleh karena itu, dibutuhkan tambahan domba jantan unggul untuk digilir di kelompok ternak tersebut sehingga dapat memperbaiki genetik dan memperlancar perkawinan domba yang akhirnya mensejahterakan peternak di Kawasan tersebut. (REP)

Bagikan Berita ini