EnglishIndonesian

Puslitbangnak Mantapkan Program Kostratani dengan Pembinaan ke BPP Cilaku dan Cianjur

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 26 Agustus 2020.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) menggelar kegiatan pembinaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Model Kostratani bagi BPP Cilaku dan BPP Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa 25 Agustus 2020 bertempat di Aula BPP Cilaku. Kegiatan ini digelar untuk brainstorming tentang BPP Model Kostratani yang digagas oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kegiatan yang dibungkus dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan reknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini dibuka oleh Plt.Kepala UPTD-PP Cilaku Encip BM., SP. M.Si. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya dengan adanya Kostratani yang mengharapkan BPP menjadi pusat data dan informasi pertanian di wilayahnya maka BPP harus dapat mewujudkan hal tersebut.

Selain itu, Encip juga mengharapkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) mampu menyediakan data riil pertanian yang akan dihubungkan dengan Agriculture War Room yang ada di Kementerian Pertanian. “Data yang disajikan haruslah data yang benar, data yang valid, yang dapat merepresentasikan kondisi riil di lapangan. Sehingga dapat menjadi acuan data yang tepat dalam pengambilan keputusan,“ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbangnak Dr. Andi Saenab menyampaikan rasa terima kasihnya atas upaya BPP Cianjur dan Cilaku dalam mensukseskan Program Kementerian Pertanian tersebut.

Hadir pula pada kegiatan ini antara lain Koordinator BPP Cilaku dan Cianjur, PPL BPP Cilaku dan Cianjur, Kasubbid Pendayagunaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslitbangnak Nandi Hendriana, S.T., M.Kom., Staf Subbid PDHP Puslitbangnak Falyan Zuril, A.Md. dan M. Indra Fauzy, A.Md.

Pada kegiatan ini disampaikanmateri-materi pembinaan terkait KostraTani bagi para PPL, diantaranya 1) Sosialisasi Strategi BPP Model Kostratani yang dipaparkan oleh Kabid KSPHP Puslitbangnak, 2) Aplikasi Laporan Program dan Kegiatan Utama Kementan yang dipaparkan oleh Nandi Hendriana, 3) Pemanfaatan TIK dan Penggunaan Aplikasi Zoom mendukung Pelaksanaan Kostratani oleh Falyan Zuril, serta 4) Tips dan Trik Pengolahan Foto Menjadi Video Sederhana dan Pengelolaan Media Sosial mendukung Penyebaran Informasi Pertanian Wilayah oleh M. Indra Fauzy.

Seperti diketahui, Komando strategis petani  atau Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan, melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian nasional berbasis Teknologi Informasi.(MIF/NH)

Bagikan Berita ini