EnglishIndonesian

Puslitbangnak Lakukan Vaksinasi Gumboro di KWT dan KTD Bogor Penerima Bantuan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 15 September 2020.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) melalui kegiatan Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Balitbangtan melaksanakan vaksinasi Gumboro untuk ayam umur seminggu di  Kelompok Wanita Tani (KWT) Tulip, Kelompok Tani Dewasa (KTD) Mandiri Sejahtera, KTD Tani Maju, dan KTD Bina Sejahtera pada 15 September 2020. Keempat kelompok ternak di Bogor ini merupakan kelompok penerima bantuan  ayam lokal unggul Balitbangtan yang telah disalurkan seminggu sebelumnya.

Vaksinasi dilaksanakan oleh tim akselesarasi: Agus, drh. Eko Kardiyanto, M.Si., Gressy Eva Tresia, S.Pt. M.Si. dan Nur Chasanah, S.P., M.Sc. Vaksin yang diberikan berupa vaksin IBD (Gumboro)  dengan cara tetes mulut. Peternak juga diikutsertakan dalam praktik vaksinasi tetes mulut.

Vaksinasi bertujuan untuk mencegah penyakit akibat infeksi, baik infeksi bakteri atau virus. Diharapkan melalui pembinaan vaksinasi, peternak dapat lebih paham prosedur vaksinasi yang baik dan benar serta kedepannya dapat menjalankan program vaksinasi secara mandiri. Nantinya akan ada 4 macam vaksin yang akan diberikan kepada ayam KUB yaitu IBD (Gumboro A dan B), AI (Avian Influenza), dan ND (Newcastle Disease).

Kunjungan dalam rangka vaksinasi juga sekaligus dimanfaatkan untuk melakukan monitoring perkembangan ayam dan menggali kendala dan permasalahan yang dihadapi peternak.

Dalam Bimtek  yang sudah dilaksanakan sebelum ayam datang kelompok sudah disampaikan materi tentang budidaya, jadwal dan jumlah pemberian pakan, penerapan biosekuriti, dan pengaturan suhu lingkungan serta pembagian kerja kelompok dalam proses budidaya.

Seperti diketahui, KWT Tulip  berlokasi di Rancamaya, KTD Mandiri Sejahtera di Bantarjati, KTD Bina Sejahtera dan KTD Tani Maju di Bubulak. Tiap kelompok menerima 500 ekor DOC. (REP/GET/NH)

Bagikan Berita ini