EnglishIndonesian

Puslitbangnak lakukan pengawalan dan pendampingan integrasi sawit sapi di Kelompok Mitra Tani Sejahtera

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 30 Desember 2016.

Sudah menjadi kesepakatan Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) dengan BPTP dan Dinas Peternakan Kalimantan Tengah untuk melakukan kegiatan pengawalan dan pendampingan program integrasi sawit sapi. Tim yang terdiri dari Dr. Wisri Puastuti, M.Si (Peneliti Balitnak), Priyono, S.Pt, M.Si (Peneliti Puslitbangnak) dan Bambang Haryanto, S.Pt (Peneliti BPTP Kalimantan Tengah) melakukan pengawalan pada Kelompok Mitra Tani Sejahtera di Desa Bulik, Kecamatan Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah pada tanggal 19-22 Desember 2016.

Kegiatan dilakukan untuk mewujudkan program tersebut, maka dilakukan pengawalan dan pendampingan secara berkala, supaya kelompok mampu secara mandiri melakukan usaha budidaya sapi potong yang terintegrasi dengan sawit melalui penerapan inovasi teknologi. Pendampingan dan pengawalan dilakukan untuk mengevaluasi perkembangan yang dilakukan oleh kelompok dan dilanjutkan dengan berdiskusi dalam rangka bimbingan teknis baik teori maupun praktek. Evaluasi dilakukan terhadap kegiatan sebelumnya yang meliputi aktivitas budidaya sapi dan kegiatan yang disepakati untuk dilaksanakan dalam rangka memperbaiki manajemen pemeliharaan sapi maupun kelembagaan.

Adapun untuk melihat perkembangan pada sapi yang dipelihara telah dilakukan pengukuran parameter teknis. Pengukuran parameter teknis yang dilakukan adalah mengukur Panjang Badan, Lingkar Dada, Tinggi Gumba, Pendugaan Umur dengan Gigi, menilai BCS dan pemeriksaan kesehatan ternak. (REP)
      

Bagikan Berita ini