EnglishIndonesian

Puslitbangnak Lakukan Pendampingan BPP Model Kostratani di Sumenep dan Sampang

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 11 Maret 2021.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) sebagai Penanggung Jawab Supervisi dan Pendampingan Kegiatan Program Utama Kementerian Pertanian wilayah Madura melaksanakan salah satu tugasnya yaitu melakukan pendampingan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Model Kostratani. Kegiatan ini dilaksanakan pada 10 Maret 2021 di BPP Rubaru, Kabupaten Sumenep dan BPP Banyuates Kab. Sampang.

Selain itu, Tim Supervisi Puslitbangnak yang diketuai oleh Dr. Ir. Atien Priyanti SP., M.Sc. tersebut juga menginisiasi pembentukan inkubasi model bisnis peternakan.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di kedua BPP tersebut, Dr. Atien yang didampingi pula oleh Koordinator Program dan Evaluasi Puslitbangnak Dr. Ir. Eko Handiwirawan, M.Si. dan Kepala Loka Penelitian Sapi Potong drh. Dicky M. Dikman, M.Phil. tersebut berdiskusi dengan para petugas penyuluh dan kelompok petani.

Petani di kedua lokasi tersebut menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan kambing dan domba unggul yang dihasilkan oleh Balitbangtan, seperti Kambing Boerka, Domba Bahtera dan Domba Komposit Garut. Selain komoditas ternak, para petani juga tertarik untuk mengembangkan inovasi tanaman pakan ternak Indigofera sp. Pada kesempatan tersebut diperkenalkan pula varietas unggul tanaman pangan maupun hortikultura.

Sementara itu, kepada Dr. Atien para penyuluh di BPP mengharapkan adanya sosialisasi tahapan pembentukan BPP Kostratani dan bimbingan teknis peternakan terkait dengan komoditas yang akan dikembangkan di lokasi BPP. Menjawab harapan tersebut, peneliti senior Puslitbangnak tersebut menyatakan akan berupaya untuk menjadwalkan kegiatan tersebut. “Kami akan berupaya menjadwalkan sosialisasi tahapan pembentukan BPP Model Kostratani untuk BPP di wilayah binaan Puslitbangnak,” pungkasnya.

Bagikan Berita ini