EnglishIndonesian

Puslitbangnak Laksanakan Pendampingan, Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Loka Penelitian Kambing Potong TA 2021

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 27 Juli 2021.

Tim Puslitbangnak yang terdiri dari Dr. Ir. Eko Handiwirawan, MSi, Drh. Iif Syarifah Munawaroh, Rio Cesart, SPt dan Ir. Artaria Misniwaty telah melaksanakan Pendampingan, monitoring dan Evaluasi terkait dengan Kegiatan Loka Penelitian Kambing Potong TA 2021 pada tanggal 28 Juni – 1 Juli 2021 di Loka Penelitian Kambing Potong-Sei Putih.  Sementara itu Tim dari Sei Putih  adalah Dr. Fera Mahmilia, Antonius, SPt, MSi, Dr. Simon Elieser, MSc, Dr. Simon P Ginting, Dr. Andi Tarigan, MSi, Rijanto Hutasoit, SPt, Msc, Drh. Anwar, Drh. Zul Azmi, Ade Syawal M, SPt, M. Syawal, SPt, MSi, Mahyuni Khariyah, SPt, Alwiyah, SPt, Koko, Ruth Damanik dan Erna Batubara. Pendampingan secara on line dan off line.  Yang hadir secara on line adalah  Dr. Ir. Bess Tiesnamurti, MSc dan  Dr. Elizabeth Wina, MSc.Agr.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Loka Penelitian Kambing Potong Dr. Fera Mahmilia. Dalam sambutannya Kepala Loka Penelitian Kambing Potong menyampaikan bahwa dengan situasi kondisi Pandemic ini kegiatan Monitoring tetap dapat dilaksanakan dan berjalan. Disampaikan juga bahwa tujuan monitoring adalah melihat perkembangan kegiatan dan kesesuaian proposal yang disampaikan saat Protokol diskusi.

Dr. Eko Handiwirawan selaku Koordinator Program dan Evaluasi Puslitbangnak menyampaikan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi tetap harus dijalankan walaupun kondisi situasi Pandemic. Tujuan adalah melihat kesesuaian dengan RKAKL yang disusun. Sehingga apabila ada kendala dapat lebih awal diatasi serta meihat progressnya. Salah satu kendala besar pada situasi Pandemic adalah terutama kegiatan di Lapang.

Selanjutnya disampaikan bahwa saat ini ada beberapa kegiatan RPIK, PRN dan kegiatan APBN. Sehingga perlu pengaturan waktu yang efisien agar dapat tercapai output yang diharapkan. Model Monitoring dan Evaluasi kali ini dilaksanakan di ruangan dan sekaligus melihat kegiatan langsung di lapangan

Sub Koordinator Evaluasi Drh. Iif Syarifah Munawaroh menyampaikan bahwa Serapan anggaran kegiatan Lolitkambing sudah cukup baik dan sudah mencapai rata-rata 40,75% dan diharapkan sudah pencapaian tersebut sudah sesuai dengan outputnya.

Dalam kegiatan ini 13 kegiatan ROPP dipaparkan oleh penanggung jawabnya. 4 kegiatan yang dipaparkan adalah Pembentukan Bibit Kambing Boerka Galaksi Agrinak Resisten Cacing Saluran Pencernaan Melalui Seleksi oleh drh. Anwar, M.Pt; Palm Fatty Acid Distillate (PFAD) Terproteksi sebagai Sumber Energi Pakan Lipogenik untuk Induk Kambing Boerka Periode Transisi oleh Dr. Simon P Ginting, M.Sc.; Penelitian Teknologi Prosesing Pakan Konsentrat Hijau yang Disuplementasi Metionin Terproteksi Ca-PFAD untuk Induk Kambing Boerka Periode Laktasi oleh Dr. Andi Tarigan, S.Pt., M.Si.; dan Katekin Gambir Sebagai Pakan Aditif serta Pengaruhnya Terhadap Fermentasi Rumen, Performa dan Kualitas Daging Kambing oleh Antonius, S.Pt., M.Si..

Kemudian dilanjutkan 4 kegiatan lagi dipaparkan adalah Uji Adaptasi Empat Nomor Harapan Indigofera zollingeriana Hasil Iradiasi Sinar Gamma pada Beberapa Level Lahan Salin untuk Toleransi Salinitasi oleh Rijanto Hutasoit, SPt, Msi,; Pembentukan Varietas Baru Tanaman Indigofera Adaptif Dataran Tinggi Melalui Pemuliaan Mutasi Iradiasi Sinar Gamma oleh Dr. Andi Tarigan, S.Pt., M.Si.; Pemanfaatan Teknologi Molekuler Dalam Rangka Menghasilkan Kambing Boerka Galaksi Agrinak V2 oleh Alwiyah, S.Pt.; dan Pembentukan Bibit Kambing Kacang Terseleksi oleh Dr. Ir. Fera Mahmilia, MP.

Lima kegiatan terakhir disampaikan adalah Pemisahan spermatozoa Jantan dan Betina dan aplikasinya pada Inseminasi Buatan oleh Arie Febretrisiana, SPt, Msi,; Pemanfaatan Daun Kelor (Moringa Oleifera) Guna Meningkatkan Libido Dan Kualitas Semen Pejantan Kambing Boerka oleh Muhammad Syawal, S.Pt., M.Si); Koleksi, dan Konservasi Plasmanutfah Kambing Lokal Indonesia oleh Arie Febretrisiana, SPt, Msi,; Karakteristik Sumber Daya Genetik Plasma Nutfah Hijauan Pakan Ternak dan Pembangunan Kebun Benih Sumber Indigofera gozoll agribun dan Stenotaphrum secundatum oleh Rijanto Hutasoit, SPt, MSi); dan Analisis Kelembagaan Usaha Perbibitan Untuk Percepatan Pengembangan Kambing Unggul Boerka Galaksi oleh Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si.).

Selanjutnya dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi ke Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Gurgur yang berlokasi di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Sumatera Utara. (REP)

Bagikan Berita ini