EnglishIndonesian

Puslitbangnak Laksanakan Bimbingan Teknis Budidaya Ternak Domba dan Sapi Perah di Kota Cimahi Jawa Barat

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 07 April 2021.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ternak Domba dan Sapi Perah, 6 April 2021 di Kota Cimahi Jawa Barat. Bimtek diikuti oleh 100 orang peternak. Selain peserta Bimtek juga dihadiri oleh tim Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Lurah Cibogo beserta jajarannya serta penyuluh pertanian Kota Cimahi.

Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, H. Supendi Heriyadi secara langsung dari lokasi Bimtek Budidaya Domba via zoom meeting dalam Bimtek Sapi Perah. Dalam sambutannnya Kepala Dinas Pangan dan Pertanian menyampaikan terima kasih kepada Puslitbangnak yang telah memfasilitasi kegiatan bimtek budidaya ternak di Kota Cimahi. Semoga Bimtek ini menjadi motivasi dan terus semangat dalam mengembangkan peternakan di Kota Cimahi, ‘ujar Supendi”.

Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto dalam sambutannya menyampaikan, Bimtek ini adalah program Padat Karya. Kegiatan produktif yang dilaksanakan dalam rangka membantu peternak yang terdampak Covid-19. Kegiatan Bimek ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua peserta dan dapat di praktikkan dalam beternak sehari-hari, ujar Agus”. Domba adalah salah satu komoditas ternak yang sudah diekspor ke Malaysia dan Arab Saudi. Peluang bisnis domba terbuka lebar. Untuk itu perlunya peternak dibekali dengan materi budidaya ternak domba yang baik, agar produktivitas ternak meningkat.

Selain itu Dr. Agus Susanto juga menyampaikan” Agar bantuan tenak domba yang sudah diberikan kepada Yayasan Pesantren Darul Hamid yang dipimpn oleh Fahmi Fauzi agar dipelihara, dikembangkan dan dilestarikan. Jangan sampai lenyap/hilang. Karena itu adalah ternak unggul hasil Inovasi Balitbangtan”.

Beliau juga berpesan kepada peserta supaya mengikuti acara sebaik-baiknya dan kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan langsung kepada ahli/pakar peternakan dari Puslitbangnak. Jadikan Peternakan sebagai sumber rezeki yang berkelimpahan.

Narsumber dalam Bimtek budidaya ternak domba adalah Dr. Eko Handiwirawan (Peneliti Puslitbnagnak) dan Ir. Umi Adiati (Peneliti Balai Penelitian Ternak). Sedangkan narasumber dalam Bimtek Sapi Perah adalah Dr. Endang Romjali (Peneliti Puslitbangnak) dan Dr. Chalid Talib (Peneliti Balai Penelitian Ternak).

Bimtek dilaksanakan dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan (REP)

Bagikan Berita ini