EnglishIndonesian

Puslitbangnak Jalin Kerjasama dengan IPDN Terkait Penyebaran Bibit Unggul Sapi Balitbangtan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 03 Februari 2022.

Dalam rangka kegiatan penyebaran diseminasi dan informasi inovasi teknologi peternakan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan telah melaksanakan kegiatan monitoring penyebaran bibit unggul di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada 19 Januari 2022 lalu di Kampus Jatinangor Bandung. Sebelumnya sebanyak 10 ekor ternak sapi Pogasi (8 ekor betina dan 2 ekor jantan) sudah diserahkan pada 2 November 2021.

Kegiatan Monitoring Diseminasi Penyebaran Bibit Unggul Puslitbangnak di IPDN dilaksanakan bersama tim dari Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapo). Kunjungan diterima oleh Wakil Dekan IPDN beserta tim di aula pertemuan sekolah IPDN Jatinangor. Ujud Rusadi selaku wakil dekan IPDN menyampaikan terima kasih kepada tim Puslitbangnak sudah silaturahmi ke IPDN dan diharapkan kerjasama antara Puslitbangnak dan IPDN dapat terus berkesinambungan.

Dalam sambutannya Ujud Rusadi menyebutkan bahwa IPDN berterima kasih kepada Kementerian Pertanian melalui Puslitbangnak dan Lolit Sapo bahwa IPDN telah diberi amanah dalam pemeliharaan 10 ekor sapi. “Kedepannya diharapkan Praja-Praja/Siswa IPDN dapat belajar banyak terkait dunia peternakan. Sehingga apabila sudah lulus dan bermasyarakat dapat meningkatkan sektor peternakan di wilayah kerjanya masing-masing nanti” ujar Ujud Rusadi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri telah melayangkan surat kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian pada tanggal 06 Desember 2021 terkait kerjasama tersebut. Diharapkan IPDN menjadi percontohan pengembangan sapi potong di IPDN seluruh Indonesia.

Dr. Agus Susanto selaku Kapuslitbangnak dalam sambutannya menyambut baik kerjasama antara Balitbangtan c.q. Puslitbangnak dengan IPDN terkait pengembangan sapi potong di IPDN. Hal ini juga selaras dengan tujuan pemerintah dalam swasembada pangan. Diharapkan pengembangan sapi potong ini dapat menjadi salah satu pemasok kebutuhan daging Nasional. Sapi Pogasi tersebut dipelihara pada Area Pelatihan Peternakan IPDN dengan luasan lahan seluas 10 ha dengan pakan yang diberikan antara lain rumput gajah dan konsentrat. (REP/BAR)

Bagikan Berita ini