EnglishIndonesian

Puslitbangnak Gelar FGD Penetapan Harga Sapi Potong

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 02 Agustus 2016.

Dr. Bess Tiesnamurti dalam sambutannya berharap informasi dan masukan yang ada dalam FGD ini bermanfaat dalam pengambilan kebijakan, khususnya terkait dengan penetapan harga sapi potong.

Kemudian Bapak Ir. Mariyono, MS sebagai narasumber pada acara tsb. menyampaikan paparan berjudul “Estimasi Perhitungan Harga Sapi Indukan, Bakalan dan Siap Potong Berdasarkan Parameter Teknis Hasil Penelitian’. Di dalam paparannya disampaikan bahwa daerah luar Jawa dan Bali lebih berpotensi untuk pengembangan sapi potong secara ekstensif-semi intensif dengan biaya yang mampu bersaing dengan ternak asal impor.

Selanjutnya Ir. Yudi Guntara Noor menyampaikan paparan berjudul ‘Harga Sapi (Cattle Price)”. Di dalamnya dijelaskan bahwa harga adalah sejumlah nilai/uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Sedangkan, mekanisme harga adalah proses yang berjalan atas dasar gaya tarik menarik antara produsen dan konsumen.

Peserta FGD dihadiri oleh 16 orang yang berasal dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Balai Penelitian Ternak, dan PT. Berdikari.

Beberapa masukan dari peserta FG di antaranya mengenai pentingnya meningkatkan produksi dalam negeri. Pernyataan Bapak Presiden RI bahwa harga daging sapi harus Rp 80 ribu/kg merupakan momen penting bahwa Presiden RI memiliki perhatian ke sapi potong, sehingga pelaksanaan setiap program harus diupayakan semaksimal mungkin, khususnya program peningkatan efisiensi produksi. (IKH/REP)

Bagikan Berita ini