EnglishIndonesian

Puslitbangnak Gelar Bimbingan Teknis Standarisasi Manajemen Sapi Potong Untuk Mencerdaskan Peternak

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 29 September 2022.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak ) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Standarisasi Manajemen Sapi Potong di Loka Penelitian Sapi Potong Grati pada tanggal 26 September 2022. Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apapun profesinya petani atau peternak harus tetap semangat dan sungguh – sungguh untuk menghasilkan karya besar.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk mencegah ternak dari terpapar penyakit adalah dengan vaksinasi. Pada tahun 2022 ini akan dihasilkan vaksin PMK. Bimtek ini bertujuan untuk mencerdaskan para peternak, khususnya peternak sapi agar dapat lebih produktif dan lebih mampu untuk melindungi ternaknya dari serangan berbagai penyakit.

Bimtek menampilkan 4 narasumber yaitu drh. Dicky M. Dikman, M.Phil Kepala Loka Penelitian Sapi Potong dengan judul paparan Standardisasi Manajemen Sapi Potong. Kemudian dilanjutkan Edy Budi Susila Kepala Pusat Veteriner Farma Penyakit Mulut dan Kuku, Pencegahan dan Penanggulangannya. Narasumber berikutnya Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, Kepala Balai Penelitian Ternak menyampaikan paparan dengan judul dengan judul Standarisasi Pemeliharaan Sapi Perah. Narasumber terakhir Mutia Primananda, SPt., MSi dengan judul menyampaikan paparan dengan judul Aplikasi SIDIK.

drh. Dicky M. Dikman, M.Phil selaku Kepala Loka Penelitian Sapi potong dalam sambutannya menyampaikan mengingat bahwa sapi potong menjadi salah satu komoditas sumber pendapatan keluarga, sehingga proses pemeliharaannya pun perlu diperhatikan seperti pemilihan bibit, pemberian pakan manajemen kandang pengendalian penyakit dan lain sebagainya. Bimtek ini sangat perlu dan tepat diselenggarakan sebagai upaya untuk menambah ilmu para peserta dalam merawat ternak yang dimilikinya. Harapannya ilmu yang diperoleh setelah bimtek dapat direalisasikan sehingga dapat bermanfaat dan berfaedah untuk kemajuan peternakan.

Edy Budi Susila selaku Kepala Pusvetma dalam sambutannya menyampaikan selamat sudah menerima SK menjadi Badan Standarisasi Instrument Pertanian. Mudah-mudahan dengan badan baru, kinerja baru, semangat baru sehingga bisa mewujudkan pertanian yang lebih maju dan modern. Pusvetma sudah bekerja sama dengan Puslitbangnak dan sudah ada MOU, juga beberapa kerjasama terkait dengan penelitian dan pengembangan. Salah satunya yang terbaru adalah produksi vaksin PMK dan juga pengujian vaksin PMK. Dengan pelaksanakan kegiatan Bimtek ini mudah-mudahan bermanfaat untuk di kemudian hari. (REP)

Bagikan Berita ini