EnglishIndonesian

Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Balitbangtan, Puslitbangnak Distribusi Sarana dan Prasarana Kandang, Pakan, Serta Vaksin dan Obat

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 03 September 2020.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) telah melaksanakan distribusi sarana dan prasarana kandang, pakan ayam serta vaksin dan obat hewan kepada kelompok tani ternak penerima bantuan ternak ayam KUB pada Kamis,  2 September 2020 di Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan  ini dalam rangka percepatan diseminasi bibit unggul Balitbangtan sebagai wujud dari Program Akselerasi Pemanfaatan Inovasi Teknologi dan Perbanyakan Produksi Benih/Bibit. Seperti diketahui program akselerasi tersebut merupakan salah satu Program Utama Kementerian Pertanian.

Kegiatan yang rencananya berlangsung 3 hari ini antara lain distribusi sarana dan prasarana kandang yang telah dibagikan kepada 4 kelompok tani ternak penerima bantuan, yaitu KWT Tulip, KTD Bina Sejahtera, KTD Tani Maju dan KTD Mandiri Sejahtera. Untuk sementara pakan ayam hanya masih dibagikan kepada dua kelompok tani ternak yakni KTD Bina Sejahtera (Bubulak) dan KTD Mandiri Sejahtera (Bantarjati). Sementara bantuan untuk KTD Tulip dan KTD Tani Maju direncanakan akan dibagikan pada pertengahan dan akhir bulan September sesuai jadwal distribusi DOC-nya.

Hal tersebut diatas dimaksudkan untuk mensinergikan antara jadwal dropping dengan jadwal distribusi DOC (day old chicken) yang telah disusun oleh penyedia bibit ternak, disamping untuk meminimalkan kerusakan pakan pada kelompok ternak saat penyimpanan pakan.

Pada tahap pertama ini DOC ayam KUB yang didistribusi sebanyak 500 ekor. Pertimbangan dipilihnya KTD Bina Sejahtera sebagai kelompok tani ternak yang menerima bantuan tahap awal awaladalah telah siap tersedianya kandang ayam, sarana prasarana dan pakan serta VoV. Distribusi DOC ayam KUB termin pertama akan dilaksanakan pada tanggal 4 September 2020. (BAR/NH)

Bagikan Berita ini