EnglishIndonesian

Puslitbangnak Distribusi DOC Ayam KUB serta Pemantauan Perkembangan Ayam KUB dan Domba Compass Agrinak di Kabupaten Kulonprogo

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 17 Januari 2022.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak), distribusi Days Old Chick (DOC) Ayam KUB serta pemantauan perkembangan Ayam KUB dan Domba Compass Agrinak pada 13-16 Januari 2022 di Kabupaten Kulonprogo. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Pulitbangnak Dr. Agus Susanto, Kepala Bidang Pengembangan Peternakan Kemenko Perekonomian Muhamad Mawardi, S.Pt., M.T., Kepala Balai Penelitian Ternak Dr. Andi Baso L. Ishak, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo Ir. Muh. Aris, MMA., dan tim lainnya.

Distribusi DOC Ayam KUB sebanyak 1700 ekor dilakukan pada 14 Januari 2022 untuk KWT di Kabupaten Kulonprogo. DOC Ayam KUB berasal dari UPBS Balitnak yang berada di Ciawi Bogor. DOC yang diserahkan merupakan DOC Ayam KUB-1 Agrinak. Pendistribusian ini merupakan rangkaian terakhir dari target 20000 DOC sebagai tindaklanjut dari kerjasama Kementan dan Kemenko Ekon.

Serah terima DOC Ayam KUB dilakukan oleh Kepala Puslitbangnak kepada KWT disaksikan langsung oleh Kabid Pengembangan Peternakan Kemenko Ekon, Kadistan dan Pangan Kab. Kulonprogo dan Kepala Balitnak beserta anggota KWT dan lainnya. Saat pendistribusian juga dilakukan diskusi bersama KWT penerima manfaat.

Selain itu, dilakukan juga monitoring bantuan yang sebelumnya sudah diberikan di 3 KWT lainnya. Dalam kegiatan monitoring, terlihat perkembangan ayam KUB sudah berjalan baik dan pertumbuhan yang optimal. Saat monitoring juga dilakukan diskusi terkait permasalahan dan kendala di KWT dalam memelihara ayam KUB.

Selain distribusi dan monitoring ayam KUB, juga dilakukan monitoring perkembangan domba Compass Agrinak yang diterima oleh Kelompok Tani (KT) di Kabupaten Kulonprogo. Monitoring ini dilakukan oleh Kepala Puslitbangnak didampingi oleh Staf Dinas Pertanian dan Pangan serta penyuluh. Lokasi monitoring domba yang dikunjungi adalah KT Mandiri Kecamatan Panjatan dan KT Ngudi Rejeki Kecamatan Wates di Kabupaten Kulonprogo. Dalam Kunjungan ini, terlihat beberapa pejantan domba yang didistribusikan dapat beradaptasi dan berkembang secara baik.

Perlu diketahui, domba Compass Agrinak yang didistribusikan untuk KT di Kabupaten Kulonprogo yakni 20 ekor. Berdasarkan diskusi yang dilakukan terdapat perkembangan kelahiran dari jantan domba Compass dengan rata-rata kelahiran 2 anakan. Sementara itu, kendala yang dihadapi seperti kematian jantan 1 ekor di KT Ngudi Rejeki karena penyakit dan mesin chopper yang dirasa perlu untuk membuat pakan silase.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Koordinator Perekonomian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) c.q Balai Penelitian Ternak (Balitnak) distribusi DOC Ayam KUB ke Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Kulonprogo. (REP/MIF)

Bagikan Berita ini