EnglishIndonesian

Puslitbangnak Bimtek Padat Karya di Kabupaten Serang Provinsi Banten

Tim Puslitbangnak yang dikomdani oleh Koordinator KSPHP Dr. Andi Saenab laksanakan Bimtek Budidaya Ternak 23 Maret 2021 di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Bimtek dilaksanakan di 4 lokasi yaitu BPP Cinangka, BPP Cikeusa, Kelompok Tani Mekar Bakti dan Kelompok Tani Makmur Sejahtera dengan 4 komoditas yaitu: Kerbau, kambing perah, domba dan ayam kampung.


Bimtek ini adalah merupakan Bimtek Padat Karya yaitu Bimtek yang dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti arahan Presiden dengan memberikan bantuan langsung tunai kepada peternak yang terdampak Covid 19.


Bimtek kali ini menampilkan 5 peneliti ahli dibidangnya masing-masing yaitu: Dr. Chalid Talib dan Dr. Lisa Praharani (Ahli ternak kerbau), Dr. Anneke Anggraeni (ahli ternak kambing perah), Dr. Hasnelly (ahli ternak ayam kampung dan Ir. Umi Adiati (ahli ternak domba).


Bimtek diikuti oleh 200 orang peternak yang merupakan perwakilan dari kelompok ternak yang diundang oleh Dinas Pertanian Kabupaten Serang. Selain itu, kegiatan bimtek ini diikuti juga oleh perwakilan dari BPP. Bimtek dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) yang sudah dianjurkan oleh pemerintah yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.


Bimtek berjalan lancar dan tertib. Peserta sangat antusias terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait pakan, kesehatan ternak, menejemen pemeliharaan, cara mendapatkan bibit yang baik/bagus dan pemasaran ternak.


Selain Bimtek Puslitbangnak juga menyampaikan inovasi teknologi yang sudah dihasilkan antara lain: Ayam KUB, Ayam Sensi, Itik Pmp Agrinak, Itik Master, Kambing Peranakan Etawah, Sapi Pogasi Agrinak, Domba Komposit Garut, Pakan Aditif Untuk Induk Dan Pejantan (Minoxvit, Pakan Aditif Pedet Ternak Ruminansia (Bioplus Pedet), Domba Compas Agrinak, Kambing Boerka Galaksi Agrinak, Itik Mojomaster-1 Agrinak, Sistem Integrasi Sawit-Sapi (Sisasa) Dan Kelinci Agrinak.

Bagikan Berita ini