EnglishIndonesian

Puslitbangnak Berpartisipasi Dalam Bimtek Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 15 April 2021.

Puslitbangnak (Rahmawati dan Bayu Arta Ramadhan) hadir dalam acara Bimtek Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik yang dilaksanakan oleh Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian pada 14-15 April 2021 di ruang rapat Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Bogor.


Kepala Biro Humas Kuntoro Boga Andri S.P, M. Agr.Ph.D menyampaikan paparan dengan judul Arah dan Kebijakan Pengelolaan Informasi Publik di Masa Pandemi Covid-19. Disampaikan bahwa dalam Bimtek ini masing-masing PPID Pelaksana segera menyusun Daftar Informasi Publik (DIP) yang terbaru. Kemudian PPID Utama akan mengkompilasi seluruh DIP lingkup Kementan. Setelah dikompilasi DIP lingkup Kementan akan ditampilkan di Portal PPID Kementerian Pertanian.


“Sudah menjadi agenda rutin tahunan Biro Humas dan Informasi Publik mengadakan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik. Untuk tahun 2021 akan ada Sosialisasi Instrumen Penilaian Akhir Mei 2021. Kemudian akan dilanjutkan dengan Pengisian SAQ pada bulan Juni 2021. Setelah pengisian SAQ akan ada Verifikasi SAQ, dan visitasi pada bulan Juli 2021. Pengumuman dan Penganugerahan akan dilaksanakan Agustus 2021” ungkap Kepala Biro Humas.


Narasumber dalam Bimtek adalah Hendra J Kede, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia dengan judul paparan “ Character Ethic Keterbukaan Informasi Publik Mengawal Hak Azazi dan Hak Konstitusional Warga Negara Atas Informasi, Mewujudkan Indonesia Lima Besar Kekuatan Ekonomi Dunia”. Disampaikan bahwa ada 4 Hak Konstitusional Warga Negara yaitu: Mengajukan Permohonan Informasi, Mengajukan Keberatan Informasi, Mengajukan Sengketa Informasi dan Mengajukan Proses Pidana.


Kemudian dilanjutkan oleh narasumber kedua Tya Tirta Sari, tenaga ahli KIP dengan judul paparan Keterbukaan Informasi Publik. Disampaikan bahwa menurut jenisnya informasi dalam UU KIP terbagi dalam 4 yaitu; Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara BERKALA, Informasi yang Wajib Diumumkan secara SERTA MERTA, Informasi yang Wajib tersedia SETIAP SAAT dan Informasi yang Dikecualikan.


Bimtek dilaksanakan secara hybrid (online by zoom dan Off line) diikuti oleh pengelola PPID lingkup Kementerian Pertanian

Bagikan Berita ini