EnglishIndonesian

Profil SDM Profesional, Prof. Dr. Ir. Sofjan Iskandar

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 03 Februari 2017.

Prof. (Riset). Dr. Ir. Sofjan Iskandar, M.Rur.Sc adalah Peneliti Utama di bidang Pakan dan Nutrisi Ternak. Saat ini beliau bekerja pada kelompok peneliti di Balai Penelitian Ternak (Balitnak). Pendidikan S1 di Fakultas Peternakan IPB, Bogor diselesaikan pada tahun 1977. Kemudian dilanjutkan S2 di Faculty of Biochemistry and Nutrition, University of New England, Armidale, NSW Australia dengan gelar Master of Rural Science (M.Rur.Sc.) tahun 1982. Sedangkan S3 diraih pada tahun 1988 dengan gelar Doctor of Philosophy (PhD) dari Faculty of Animal Medicine and Production, University of Queensland.
Selama berkarir sebagai peneliti, beliau telah menghasilkan 99 (sembilan puluh sembilan) karya tulis ilmiah (KTI) yang ditulis sendiri maupun dengan penulis lain dalam bentuk buku, jurnal, prosiding dan makalah yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia, 18 (delapan belas) di antaranya dalam Bahasa Inggris.


Jabatan struktural yang pernah diduduki antara lain: Tahun 1991 – 1993: Kepala Seksi Informasi dan Publikasi Balai Penelitian Ternak, Ciawi-Bogor. Tahun 2006 – 2009: Kepala Balai Penelitian Ternak Ciawi- Bogor.


Sebelum menerima penghargaan atas prestasinya melestarikan plasmanutfah ayam lokal di Boyolali dari Menteri Pertanian, Dr. Andi Amran Sulaiman beliau juga sudah menerima beberapa penghargaan antara lain: Penghargaan sebagai Penggerak/Pemrakarsa/Pelopor di bidang Pembangunan Pertanian Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016, penghargaan Lubis Award pada tahun 2006 dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.


Jenjang Peneliti Utama Golongan IV/e sudah diraih terhitung mulai tanggal 01 Oktober 2008. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor: 664/A/2011, Tanggal: 14 Juli 2011, tentang Pembentukan Majelis Pengukuhan Profesor Riset, yang bersangkutan dikukuhkan sebagai Profesor Riset dengan judul orasi “Optimalisasi Protein dan Energi Ransum untuk Meningkatkan Produksi Daging Ayam Lokal”.


Selain sebagai peneliti saat ini beliau juga menjadi Anggota Dewan Redaksi di Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner (JITV), publikasi yang diterbitkan oleh Puslitbangnak, anggota Dewan Redaksi Jurnal Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (JPPTP) di BBP2TP, disamping sering diminta menjadi mitra bestari di beberapa jurnal nasional dan internasional.


Beberapa pelatihan yang pernah diikuti dengan kompetensinya adalah: Pengelolaan SDA, Bogor (1978), Scientific Writing Workshop, Bogor (1984), Growth and Development in Animals, Australia (1987), Research Management, Cianjur (1992), SPAMA X, Bogor (1995), Logical Framework, Sukabumi (2000), Social and Gender Analysis, UGM, Yogyakarta (2000).


Bakat lain yang tidak banyak orang ketahui orang, Profesor ini piawai dalam mengalunkan lagu. (REP)

Bagikan Berita ini