EnglishIndonesian

Plt. Kepala Puslitbangnak Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama Kegiatan PRN dengan Empat Satker Pelaksana

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 06 Agustus 2020.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Dr. drh. NLP Indi Dharmayanti, MSi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS)  Kegiatan Prioritas Riset Nasional (PRN) dengan empat Satker Penerima Pendanaan Riset Inovatif Produktif (RISPRO) Mandatori pada hari Kamis, 6 Agustus 2020 di Aula Puslitbangnak, Bogor. 

Keempat Satker pelaksana tersebut adalah Balai Besar Penelitian Veteriber (BB Litvet), Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen), Balai Penelitian Ternak (Balitnak), dan Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapi).

Koordinator Program PRN Peternakan Dr. Ir. Atien Priyanti SP., M.Sc. dalam laporannya menyampaikan Puslitbangnak mendapatkan pendanaan untuk riset dari LPDP yang akan didistribusikan kepada UPT/Satker sebagai pelaksana kegiatan program PRN. “PRN adalah cara pandang baru dalam menyelenggarakan riset. Untuk itu perlu dirancangnya teknis pelaksaan riset mengikuti perkembangan sistem ini ”, ungkapnya.

Sementara itu Indi Dharmayanti , yang juga Kepala BB Litvet, menyatakan bahwa di era adaptasi baru ini perlu ada konsep riset baru. Pengoptimalan pemanfaatan pendanaan untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat merupakan hal yang perlu dilakukan.

Indi Dharmayanti juga menegaskan perlunya sosialisasi yang lebih gencar kepada peneliti Balitbangtan terkait cara pandang baru dalam penyusunan dan pengajuan proposal kegiatan riset melalui PRN ini. “PRN merupakan small prior project untuk memfasilitasi seluruh riset bersama di Indonesia untuk bisa memanfaatkan dan memfokuskan arah riset kita kemana”, imbuhnya.

Penandatanganan PKS dengan penerima dara RISPRO merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Puslitbangnak terkait Pelaksanaan Program PRN tahun 2020 . Program PRN yang berlaku dalam jangka waktu lima tahun tersebut merupakan pelaksanaan dari Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045 yang telah disusun dan ditetapkan oleh  Kemenristek/BRIN.

Dalam Program PRN Peternakan tahun 2020 , terdapat enam judul penelitian dengan tema ayam yang dilaksanakan di Balitnak. Sementara untuk tema sapi ada 12 judul penelitian yang terbagi menjadi 10 judul di Lolit Sapi, 1 judul masing-masing di BB Litvet dan BB Biogen.

Turut hadir dalam penandatanganan PKS antara lain Kepala BB Biogen Dr. Mastur, Kepala Balitnak Dr. Andi Baso Lompengen Ishak, Plt. Lolit Sapi Dr. Harwanto, Dr. Dicky Pamungkas dan Dr. Aryogi maupun peneliti dari Balitnak dan Lolit Sapi. (CTR/HH/NH)

Bagikan Berita ini