EnglishIndonesian

Presiden Gelar Kontes Domba Garut dan Kambing

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 28 Agustus 2016.

Presiden Joko Widodo menggelar Kontes Domba Garut dan Kambing bertajuk Piala Kemerdekaan di Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mendorong perkembangan ternak domba dan kambing yang merupakan komoditas asli Indonesia, selain itu acara ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi daging.

Domba dan Kambing adalah hewan ternak yang cocok untuk dikelola oleh rakyat. Kelebihan dua jenis hewan ternak ini dibandingkan hewan lainnya adalah daur perkembangbiakannya yang cepat.

"Dua tahun tiga kali beranak. Umur panen cepat dan modalnya tidak besar. Tidak butuh lahan yang luas"

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo ketika menghadiri temu wicara dengan peternak domba dan kambing di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu 27 Agustus 2016.

Pada acara tsb. Puslitbangnak turut memamerkan produk unggulannya yaitu Domba Komposit Garut, Domba Compass Agrinak dan Kambing Sapera.

Acara ini baru pertama kali dilaksanakan adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memasyarakatkan komoditas Domba Garut dan Kambing asal Indonesia yang terkenal tidak hanya di dalam negeri, namun juga sampai ke luar negeri karena kualitas daging maupun berat badannya memenuhi strandar internasional.

Disamping itu, tujuan lainnya yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi daging, dimana masyarkat Indonesia yang saat ini masih tergolong rendah.

Peserta Kontes Domba Garut dan Kambing pada Piala Presiden awalnya direncanakan dibuka hanya 500 peserta namun antusiasme masyarakat demikian tinggi sehingga ada 750 peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut kontes Domba Garut dan Kambing.

Asal perserta bukan saja dari Garut tetapi juga ada yang dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Ada empat kategori yang dikonteskan pada acara tersebut yaitu kategori Raja Pedaging, Raja Petet, Raja Kasep (domba dengan tanduk yang sangat megah) dan Ratu Bibit.

Tim Juri pada Kontes Domba Garut dan Kambing dari Puslitbangnak yaitu Prof. Dr. Ismeth Inounu, Prof. Dr. Subandryo dan Ir. Bambang Setiadi, MS ketiga juri tsb. adalah Ahli Peneliti Utama Bidang Pemuliaan dan Genetika Ternak – Kementerian Pertanian - RI.

Juara dari Kontes Domba Garut dan Kambing pada Piala Presiden semuanya diborong oleh domba-domba asal Jawa Barat. Untuk raja pedaging berat badannya hingga mencapai 116 kg.

Turut hadir mendampingi Presiden pada acara tersebut Bapak Menteri Pertanian Dr. H. Andi Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Barat Dr. H. Ahmad Heryawan.

Hadir pula, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Dr. Bess Tiesnamurti menyaksikan jalannya acara tersebut.

Kedepan, lomba atau Kontes Domba Garut dan Kambing Piala Presiden ini akan terus diadakan setiap tahunnya.(AHM)

Bagikan Berita ini