EnglishIndonesian

Penyusunan Roadmap Diseminasi Informasi Inovasi dan Pengelolaan Media Sosial

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 03 Maret 2017.

Bertempat di ruang rapat Puslitbanghorti - Bogor telah dilaksanakan Penyusunan Roadmap Diseminasi Informasi Inovasi, 28 Februari 2017. Acara dibuka oleh Kabid KSPHP Puslitbanghorti dan dihadiri oleh: Kepala Bidang KSPHP, dan Kepala Subbidang PHP serta Pranata Humas lingkup Badan Litbang Pertanian. Dari Puslitbangnak hadir Kasubbid PHP Fitra Aji Pamungkas SPt MSi dan Rahmawati Elvianora Pul (Pranata Humas).

Narsum dalam kegiatan ini adalah Aryani (Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden) menyampaikan topik tentang “Roadmap diseminasi informasi lembaga Penelitian dan Pengembangan”. Disampaikan bahwa: 1) Isu pangan dunia meliputi biotechnology, hunger, dan nutrition; 2) Pendekatan strategis prioritas baik melalui media tradisional, website, sosmed, multimedia, TV Program pertanian, konferensi dan event dan duta science/farmers; 3) Hubungan kerjasama yang sudah terjalin antara Balitbangtan dengan BUMN dan kendalanya; 4) Teknologi pangan dan kampanye pendidikan publik yang dibuat oleh Kementan untuk menghasilkan kesadaran peran ilmu pangan dalam memastikan pasokan makanan bergizi, aman dan berlimpah; 5) Membuka berbagai peluang komunikasi terutama dengan BUMN; dan 6) Komunikasi strategi Balitbangtan

Kemudian dilanjutkan oleh Rezha Sahhilny Amran, Kasubbag Publikasi Elektronik, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi yang memaparkan tentang Pengelolaan media sosial Kementerian Keuangan. Beberapa hal yang disampaikan: 1) Media sosial adalah reputation risk management, sehingga harus dikelola secara terstruktur sesuai kaidah manajemen; 2) Pengelola media sosial adalah team work, tidak ada satu yang lebih dari yang lainnya, satu tim; 3) Kunci media sosial adalah engagement atau percakapan. Perlu dibangun corporate branding, nuansa warna, sosok admin, supergraphic dan hal-hal yang perlu untuk membangun reputasi lembaga, sesuaikan; 4) Tidak perlu semua di angkat di media sosial, jika secara kualitas tidak bagus, terlebih dapat menjatuhkan reputasi lembaga yang telah dibangun, selektif 5) Berikut penggunaan kanal media sosial di Kementerian Keuangan: Twitter dapat digunakan untuk hal  yang aktual, IG menjadi media pembentuk citra, Facebook digunakan untuk Layanan Informasi melalui dialog di kolom komentar. (REP)

Bagikan Berita ini