EnglishIndonesian

Penurunan Timbunan Lemak Abdomen pada Ayam Pedaging

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 01 September 2016.

Upaya penurunan lemak pada tubuh ternak ayam menjadi salah satu fokus dalam penelitian pada komoditas ternak ayam pedaging. Hal ini, dikarenakan konsumen menginginkan produk pangan asal ternak ayam yang lebih sehat.

Lemak abdomen merupakan limbah pada karkas ayam pedaging dan keberadaannya dianggap sebagai penurun kualitas karkas.

Timbunan lemak abdomen dalam tubuh ayam dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi, pakan, jenis kelamin, umur serta lingkungan.

Berdasarkan pendekatan aspek pakan, upaya penurunan deposit lemak abdomen pada ayam pedaging dapat dilakukan pertama melalui pemberian pakan dengan kandungan gizi yang disesuaikan dengan panduan kebutuhan gizi ayam pedaging pada setiap fase pertumbuhannya.

Kedua, menerapkan pembatasan pakan atau memberikan zat aditif yang telah terbukti mampu menekan deposit lemak abdomen pada ayam pedaging.

Adapun teknik pembatasan pakan yang dapat dilakukan diantaranya adalah melalui pembatasan pakan secara fisik, pembatasan jumlah konsumsi ransum dalam suatu waktu, mengatur pencahayaan dalam kandang, menurunkan kandungan zat gizi ransum, terutama penurunan kandungan energi dan protein ransum. (AHM/REP)

Sumber: WARTAZOA Vol. 25 No. 3 Th. 2015 DOI: http://dx.doi.org/10.14334/wartazoa.v25i3.1157

Bagikan Berita ini