EnglishIndonesian

Pengukuhan Profesor Riset, Dua Diantaranya dari Lingkup Puslitbangnak

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 28 Januari 2022.

Bogor (28/01/2022) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian melaksanakan pengukuhan orasi profesor riset untuk tiga bidang yang berbeda. Bertempat di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, acara pengukuhan profesor ini dihadiri oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., M.Si., beserta pejabat eselon 1 dan 2 Kementan serta tamu undangan dan lain-lain. Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam sambutannya Mentan SYL menyampaikan "Selamat untuk ketiga profesor baru Kementan, saya harap dapat bekerjasama untuk pembangunan pertanian Indonesia, kita tidak boleh kalah saing dengan negara lain terutama di ASEAN dulu, karena kita memiliki banyak profesor yang tentu punya bekal ilmu yang lebih untuk diterapkan di lapangan".

Ketiga Profesor yang baru dilantik yaitu Prof. (R) Dr. drh. NLP Indi Dharmayanti, M.Si., Prof. (R) Dr. Ir. Atien Priyanti. M.Sc., dan Prof. (R) Dr. Muhammad Azrai, SP., MP. Secara resmi, ketiganya dikukuhkan oleh ketua Majelis Profesor Riset Kementerian Pertanian Prof. Dr. Tahlim Sudaryanto beserta Mentan SYL yang didampingi oleh Plt. Kepala Balitbangtan Prof. Dr. Fadjry Djufry. Ketiga yang dilantik merupakan peneliti ahli utama di masing-masing bidang, secara berurutan yakni Bidang Kedokteran Hewan, Bidang Ekonomi Pertanian serta Bidang Pemuliaan dan Genetika Tanaman. Judul orasi yang disampaikan diantaranya Prof. Dr. NLP Indi Dharmayanti yakni "Inovasi Teknologi Veteriner Berbasis Biologi Molekuler untuk Mendukung Pengendalian Penyakit Avian Influenza di Indonesia", Prof. Dr. Atien Priyanti yakni "Penerapan Bioekonomi di Sektor Pertanian dalam Mewujudkan Kemandirian Pakan", dan Prof. Dr. Muhammad Azrai yakni "Inovasi Varietas Hibrida Nasional Berdaya Saing Mewujudkan Swasembada Jagung Berkelanjutan".

Perlu diketahui, kedua Profesor yang dikukuhkan berasal dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan dan Balai Besar Penelitian Veteriner yakni Prof. Dr. Atien Priyanti dan Prof. Dr. NLP Indi Dharmayanti. Ketiga Profesor yang baru dilantik Prof. Dr. NLP Indi Dharmayanti adalah 631 secara Nasional dan 160 lingkup Kementan, sementara Prof. Dr. Atien Priyanti adalah 632 secara Nasional dan 161 lingkup Kementan serta Prof. Dr. Muhammad Azrai adalah 633 secara Nasional dan 162 lingkup Kementan. (MIF)

Bagikan Berita ini